The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

24 Pegawai KPK yang Tak Lulus TWK Akan Dibina oleh Kemenhan
Gedung KPK. (photo/ANTARA/Benardy Ferdiansyah)
News

24 Pegawai KPK yang Tak Lulus TWK Akan Dibina oleh Kemenhan

Jumat, 28 Mei 2021 14:55 WIB 28 Mei 2021, 14:55 WIB

INDOZONE.ID - Sebanyak 24 dari 75 pegawai KPK yang tak lulus tes wawasan kebangsaan (TWK) akan diberikan pembinaan. Dalam hal ini, KPK akan berkolaborasi dengan Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

"Jadi ada proses pembinaan, dan kami akan bekerja sama dengan Kemenhan untuk lakukan pembinaan bela negara dan wawasan kebangsaan," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, pada konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat (28/5/2021).

Ghufron  mengatakan, hasil TWK tak menjadi patokan utama dalam peralihan status pegawai KPK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Namun, ada faktor lain yang dijadikan acuan dalam peralihan status menjadi ASN.

"Memang sudah ditegaskan bahwa, tolong dikutip dengan tepat ya. Pendapat kami bahwa tidak serta-merta hasil TWK menjadi dasar untuk kemudian pengangkatan atau peralihan pegawai KPK ke ASN, jadi tidak serta merta," kata Ghufron.

"Kami tidak menjadi serta merta kemudian TWK itu hasilnya kemudian dijadikan dasar satu-satunya," tambahnya.

Ghufron menjelaskan, sebelumnya KPK dengan pihak terkait mengkaji kembali soal indikator yang jadi menyebabkan pegawai KPK tak lulus TWK. Akhirnya KPK dan yang lainnya berusaha untuk bagaimana caranya 75 pegawai itu tetap lolos.

"Pada tanggal 25 Mei kemarin, bersama Kumham, Kemenpan RB, BKN, KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara) dan LAN (Lembaga Aparatur Negara) kami kemudian mere-view ulang, apa sih sebenarnya indikator-indikator yang menjadi dasar pegawai KPK jadi TMS (tidak memenuhi syarat). Kami tidak pernah melihat nama, tapi indikatornya yang kami lihat bersama untuk kami kemudian, supaya bisa kemudian, supaya tidak jadi 75. Harapannya 75 itu bisa kembali menjadi ASN semuanya, itu yang kami perjuangkan," ucapnya.

Badan Kepegawaian Nasional (BKN) kemudian memutuskan, ada 24 pegawai KPK yang belum sampai ke rapor merah dan masih bisa diberikan pembinaan.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Victor Median

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US