The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peringati Waisak, Vihara Dharmakirti Palembang Tiadakan Kegiatan "Undapatta Dipusambla"
Sejumlah umat Budha Palembang melakukan ibadah Hari Raya Tri Suci Waisak 2565 Tahun Buddhis di Vihara Dharmakirti Palembang, Sumatra Selatan. (ANTARA/Feny Selly)
News

Peringati Waisak, Vihara Dharmakirti Palembang Tiadakan Kegiatan "Undapatta Dipusambla"

Untuk mencegah kerumunan.

Rabu, 26 Mei 2021 14:42 WIB 26 Mei 2021, 14:42 WIB

INDOZONE.ID - Vihara Dharmakirti di Jalan Kapten Marzuki Kota Palembang, Sumatera Selatan, meniadakan kegiatan undapatta dipusambla pada rangkaian Hari Raya Trisuci Waisak 2565 untuk mencegah kerumunan.

Seperti dilansir Antara, Pembina Vihara Dharmakirti Darwis di Palembang, mengatakan kegiatan undapatta dipusambla mengharuskan umat Budha mengelilingi komplek vihara untuk menerima persembahan uang, makanan dan obat-obatan.

"Selain meniadakan kegiatan itu, kami juga membatasi sembahyang di dalam vihara hanya untuk 400 orang, biasanya bisa sampai 3.000 orang," ujarnya, Rabu (26/5/2021).

Namun bagi umat Buddha yang tidak kebagian sesi sembahyang pagi tetap dapat melaksanakan sembahyang setelahnya secara bergantian dan tetap menjaga protokol kesehatan.

BACA JUGA: Mengulik Tradisi Perayaan Waisak di Berbagai Negara

Menurut dia, pelaksanaan berbagai kegiatan Trisuci Waisak memang menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran COVID-19 karena Kota Palembang masih berada di zona merah COVID-19.

Setiap orang wajib memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak selama prosesi sembahyang dan melaksanakan ibadah dalam kondisi badan yang sehat.

Meski dilaksanakan dalam keterbatasan, namun ia mengungkapkan umat Budha tetap antusias dan berbahagia merayakan Waisak karena pada tahun lalu rangkaian prosesi hanya bisa dilakukan dari rumah.

"Pada Waisak kali ini mengambil tema eling dan waspada, yakni umat Budha diingatkan agar selalu meningkatkan ketakwaan dan menaati pesan pemerintah terkait protokol kesehatan," kata dia menambahkan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US