67 RT di Jakarta Dikepung Banjir, Ketinggian Air Capai 2 Meter Lebih

- Senin, 8 November 2021 | 12:17 WIB
Sejumlah permukiman warga terendam banjir di kawasan Jalan Kemang Utara IX, Mampang, Jakarta Selatan, Minggu (7/11/2021). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Sejumlah permukiman warga terendam banjir di kawasan Jalan Kemang Utara IX, Mampang, Jakarta Selatan, Minggu (7/11/2021). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat sebanyak 67 titik di wilayah DKI Jakarta yang terdampak banjir berdasarkan data yang dihimpun pada hari ini hingga pukul 09.00 WIB.

Kepala Pusat Data dan Informasi BPBD DKI, Insaf mengatakan, Jakarta Timur menjadi wilayah dengan jumlah RT yang terdampak banjir terbanyak.

"Hingga pagi tadi pukul 09.00 WIB, ada 52 RT di Jakarta Timur yang tergenang," ucap Insaf saat dikonfirmasi awak media, Senin (8/11/2021).

Kemudian, wilayah yang mengalami banjir paling banyak lainnya adalah terjadi di Jakarta Selatan, yakni dengan 15 titik. Insaf menyebut, banjir disebabkan oleh tingginya curah hujan dan luapan sejumlah kali atau sungai, seperti Ciliwung, Kali Krukut, dan Kali Pesanggrahan.

Lebih lanjut, BPBD DKI juga mencatat ketinggian air cukup bervariasi, mulai dari 40 sampai 250 sentimeter atau 2,5 meter. Namun, genangan tersebut kini tengah ditangani oleh sejumlah jajaran PPSU hingga Satpol PP.

"Genangan ditargetkan akan surut dalam waktu cepat," tandas Insaf.

Berikut adalah data titik banjir di DKI hingga pukul 09.00 WIB dari BPBD DKI:

Jakarta Timur (52 RT)

- Kel. Balekambang

Ketinggian: 50 cm dengan jumlah 1 RT
Penyebab: Luapan Kali Ciliwung dan Curah hujan tinggi

- Kel. Cililitan

Ketinggian: 70 s.d. 250 cm dengan jumlah 5 RT
Penyebab: Luapan Kali Ciliwung

- Kel. Cawang

Ketinggian: 80 s.d. 180 cm dengan jumlah 7 RT
Penyebab: Luapan Kali Ciliwung
Pengungsi: Sudah kembali ke rumah masing - masing

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X