Gelar Pasukan Pengamanan Presidensi G20 di Jakarta, Ini Pesan Kapolda Metro ke Anggota

- Senin, 14 Februari 2022 | 10:32 WIB
Pengendara motor melintas di depan logo Presidensi G20 Indonesia 2022 di Bundaran HI, Jakarta. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Pengendara motor melintas di depan logo Presidensi G20 Indonesia 2022 di Bundaran HI, Jakarta. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Polda Metro Jaya pagi tadi baru saja menggelar apel gelar pasukan pengamanan Presidensi G20 yang digelar di Jakarta. Dalam apel tersebut, Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran melalui Wakapolda Metro, Brigjen Hendro Pandowo, memberikan pengarahannya kepada seluruh anggota yang bertugas memberi pengamanan di lapangan.

"Pada tahun ini Indonesia secara resmi memegang Presidensi Grouf Of 20 secara setahun penuh. Adapun peserta Presidensi G20 yaitu 19 negara ditambah Uni Eropa serta 17 organisasi internasional. Presidensi G-20 mengusung tema Recover Together, Recover Stronger," kata Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Hendro dalam sambutanya di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (14/2/2022).

Hendro menyebut nantinya ada puluhan titik objek yang akan diamankan. Polisi sendiri akan terpusat di JCC, Jakarta karena acara tersebut bakal terpusat disana.

"Pengamanan akan dilaksanakan dalam pola ring yang terdiri dari 26 objek pengamanan mulai dari pengamanan jalur, pengamanan tempat tinggal peserta, pengamanan area gedung JCC senayan, luar gedung JCC Senayan, pintu masuk Senayan serta beberapa obyek pengamanan lainnya," Hendro menjelaskan.

Dalam pelaksanaanya, akan ada sebanyak 547 personel gabungan yang bakal dikerahkan. Hendro pun menyampaikan beberapa arahannya untuk anggota di lapangan yang akan bertugas memberi pengamanan acara Presidensi G20.

"Terdapat beberapa penekanan terhadap beberapa personel yang bertugas di lapangan, khususnya yang terlibat pengamanan kegiatan ini antara lain satu, melaksanakan tugas pengamanan ini dengan baik dan penuh rasa tanggungjawab. Dua, perhatikan attitude anggota di lapangan pada saat pengamanan, tetap jaga sopan santun, laksanakan dengan profesional," kata Hendro.

Pesan ketiga yakni untuk menjaga kesehatan para personel di lapangan lantaran situasi saat ini masih dalam musim hujan hingga tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). Terakhir, Hendro meminta seluruh personel yang bertugas untuk memberikan pengawalan yang terbaik.

Presidensi G20 Indonesia sudah dimulai sejak 1 Desember 2021 sampai dengan serah terima presidensi berikutnya di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada akhir 2022 nanti di Bali dengan mengusung tema 'Recover Together, Recover Stronger'. Untuk saat ini, G20 digelar di Jakarta.

G20 terdiri dari 20 negara yang tergabung. Negara-negara tersebut antara lain Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Argentina, Brazil, Inggris, Jerman, Italia, Prancis, Rusia, Afrika Selatan, Arab Saudi, Turki, China, Jepang, Korea Selatan, India, Indonesia, Australia dan Uni Eropa.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X