Ketimbang Hotel, Fraksi PKS Usulkan Fasilitas Milik DPR Jadi Tempat Isoman Anggota Dewan

- Rabu, 28 Juli 2021 | 18:20 WIB
Suasana rapat di salah satu komisi DPR RI yang menerapkan protokol kesehatan ketat. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Suasana rapat di salah satu komisi DPR RI yang menerapkan protokol kesehatan ketat. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Ketua Fraksi PKS di DPR Jazuli Juwaini mengatakan seharusnya Kesekjenan DPR RI tak perlu menyewa fasilitas khusus seperti hotel atau penginapan untuk menjadi tempat isolasi mandiri (isoman) bagi Anggota DPR yang terpapar Covid-19.

Akan tetapi, sambung Jazuli, Kesekjenan DPR cukup memfungsikan fasilitas yang dimiliki DPR seperti Wisma DPR di Kopo Bogor atau fasilitas milik DPR lainnya menjadi tempat isolasi mandiri.

"Bahkan kami mengusulkan agar fasilitas isoman tersebut tidak hanya digunakan oleh anggota dan pegawai DPR tapi juga terbuka untuk masyarakat yang membutuhkan tempat isolasi mandiri," ungkap Jazuli kepada wartawan, Rabu (28/7/2021).

Memang diakuinya langkah Kesekjenan DPR adalah bentuk antisipasi. Namun dalam praktiknya harus benar-benar menimbang urgensi, prioritas dan sesuai dengan perundang-undangan.

"Namun demikian, pada prakteknya harus benar-benar menimbang urgensi, prioritas, dan empati terhadap kondisi rakyat kebanyakan yang jauh lebih sulit dalam menghadapi wabah covid 19 ini," kata Jazuli.

Diketahui sebelumnya Beredar salinan surat terkait Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyediakan fasilitas untuk isolasi mandiri bagi anggota Dewan yang terpapar Covid-19 tanpa gejala dan bergejala ringan.

Nantinya para anggota Dewan yang dinyatakan positif Covid-19 tanpa gejala maupun gejala ringan akan menjalani isolasi mandiri di sejumlah hotel di Jakarta.  Hal ini berdasarkan surat nomor SJ/09596/SETJEN DPR RI/DA/07/2021 yang ditandatangani oleh Sekjen DPR RI Indra Iskandar pada 26 Juli 2021.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X