Sambangi Pengungsi Erupsi Semeru, Ini Janji Presiden Jokowi

- Rabu, 8 Desember 2021 | 09:43 WIB
Presiden RI Joko Widodo mengunjungi posko pengungsian korban erupsi Gunung Semeru. (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden RI Joko Widodo mengunjungi posko pengungsian korban erupsi Gunung Semeru. (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)

Pasca erupsi Gunung Semeru, Presiden Jokowi meninjau langsung posko pengungsian di lapangan Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, Selasa (7/12).

Di sana, sejumlah warga yang terdampak erupsi menceritakan tentang kejadian yang menimpa desa mereka ke Presiden Jokowi.

"Nggak sampai 1 menit itu Pak, langsung gelap. Sebelumnya ada pemberitahuan memang, 25 getarannya katanya dari pusat pemantauan," ujar seorang warga kepada Presiden, dikutip dari Antara, Rabu (8/12).

Lebih lanjut, salah seorang warga dari Dusun Kamar Kajang turut bercerita bahwa sebelum kejadian mereka telah mendapatkan peringatan dari pos pemantauan melalui telepon genggam mereka. Mereka tidak menyangka jika erupsi pada hari Sabtu, 4 Desember 2021, ternyata lebih besar dari yang mereka perkirakan.

"Ada pemberitahuan, di HP sudah ada. Cuma dikira kecil Pak, dikira banjir kecil, 25 getarannya kecil biasanya. Nanti ada susulan yang lebih besar biasanya. Kalau pos pantau selalu siaga," katanya.

 "Paniknya itu cuma panik abu, abunya itu, loh, Pak, 'kan gelap. Posisi jam 3 sore (pukul 15.00) itu kejadian abu vulkanis. Hujan abu dahulu, gelap, disusul lahar dingin," sambung warga lainnya.

Beberapa warga yang lain bercerita soal kembalinya mereka ke rumah untuk mengecek kondisi melalui jalur yang bisa dilalui, dan beberapa yang lain bercerita soal perjuangan mencari anggota keluarga yang masih hilang.

Kepada Presiden, mereka meminta agar infrastruktur yang hancur bisa segera diperbaiki. Presiden pun mengatakan akan segera membangun dan memperbaiki rumah-rumah warga terdampak berikut fasilitas publik lainnya seperti jembatan.

"Nggih, rumahnya, jembatannya cepat kita mulai (diperbaiki)," ujar Presiden Jokowi.

"Ini Menteri PU sudah saya ajak. Ini baru mengecek semua, nanti segera dikerjakan," pungkas Presiden.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB

Fotokopi KTP Tidak Berlaku Lagi, Ini Penggantinya

Sabtu, 16 Maret 2024 | 18:05 WIB
X