Makin Panas! Pesawat Tempur China Kembali Masuk ke Zona Pertahanan Udara Taiwan

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 11:43 WIB
Ilustrasi pesawat tempur. (REUTERS/Tyrone Siu)
Ilustrasi pesawat tempur. (REUTERS/Tyrone Siu)

Serangan pada hari Senin (4/10/2021) menandai hari keempat serangan oleh pesawat China, dengan hampir 150 pesawat tempur dikirim ke zona pertahanan udara Taiwan.

Taiwan sendiri telah mendesak Beijing untuk menghentikan tindakan provokatif yang tidak bertanggung jawab setelah pesawat tempur China memasuki zona pertahanannya.

Dilansir BBC, beberapa analis mengatakan penerbangan dilihat sebagai peringatan kepada presiden Taiwan menjelang hari nasional pulau tersebut.

Beijing memandang Taiwan sebagai provinsi yang memisahkan diri. Tapi, Taiwan menganggap dirinya sebagai negara yang berdaulat.

Baca juga: 38 Pesawat Tempur China Serang Zona Pertahanan Udara Taiwan

Taiwan telah melaporkan selama lebih dari setahun angkatan udara China sering terbang di dekat di zona pertahanan udaranya.

Misi China terbaru termasuk 34 pesawat tempur J-16 dan 12 pesawat pengebom H-6 berkemampuan nuklir, yang semuanya terbang di daerah dekat Kepulauan Pratas yang dikuasai Taiwan.

Pada Senin malam, empat pesawat tempur China kembali terlihat di zona pertahanan Taiwan, sehingga total menjadi 56 pesawat dalam sehari.

Badan pembuat kebijakan utama China di Taiwan, Mainland Affairs Council (MAC), menuduh Beijing sangat merusak status quo perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan.

Menanggapi hal tersebut, China menuduh Washington sebagai provokator, sambil memperingatkan agar tidak mendukung kemerdekaan Taiwan.

China tidak mengesampingkan kemungkinan menggunakan kekuatan untuk mencapai penyatuan dengan Taiwan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X