4 Fakta Peringatan Hari Lahir Pancasila

- Selasa, 1 Juni 2021 | 11:42 WIB
Poster Hari Lahir Pancasila 2021. (BPIP)
Poster Hari Lahir Pancasila 2021. (BPIP)

Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni atau bertepatan dengan hari ini. Peringatan ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016.

Untuk mengetahui tentang sejarah dan fakta menarik tentang Hari Lahir Pancasila, simak informasi yang telah Indozone rangkum berikut ini.

1. Digagas oleh Soekarno

Hari Lahir Pancasila diawali dengan terbentuknya lembaga Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Kemudian dilakukan sidang selama lima hari dari 29 Mei hingga 1 Juni 1945 yang membahas tentang tema dasar negara. Pada 1 Juni 1945, Soekarno menyampaikan gagasan mengenai dasar negara yang kemudian dinamai Pancasila, sehingga diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila.

2. Arti Istilah Pancasila

Dilansir dari laman BPIP, Pancasila berasal dari kata 'Panca' yang berarti lima dan 'sila' yang artinya prinsip atau asas. Pada saat itu, Bung Karno menyebutkan lima dasar negara, yaitu:

1. Kebangsaan
2. Internasionalisme atau Perikemanusiaan
3. Demokrasi
4. Keadilan Sosial
5. Ketuhana yang Maha Esa

3. Tema Hari Lahir Pancasila 2021

Tema yang diambil pada peringatan Hari Lahir Pancasila 2021 adalah "Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh". Upacara dilakukan di Istana Bogor, namun juga dilakukan secara virtual karena masih dalam pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Untuk Indonesia Maju, Presiden Jokowi Ajak Seluruh Pihak Bergerak Aktif Perkokoh Pancasila

4. Pesan Presiden Jokowi

Dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, Presiden Jokowi menyampaikan pesan agar masyarakat mewaspadai meningkatnya rivalitas dan kompetisi antar pandangan serta antar ideologi.

"Ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mempengaruhi landscap kontestasi ideologi," ucapnya, Selasa (1/6/2021).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X