Jaksa Gadungan, 4 Bulan Nginap di Hotel Tak Mau Bayar, Katanya Akan Dibayar Negara

- Selasa, 18 Mei 2021 | 12:44 WIB
Abdussamad, Jaksa gadungan (Isitimewa)
Abdussamad, Jaksa gadungan (Isitimewa)

Seorang pria bernama Abdussamad di Kota Surabaya diamankan pihak kepolisian lantaran melakukan tindakan penipuan dengan dengan mengaku sebagai Kepala Kejaksaan Negeri.

Kedoknya tersebut terungkap ketika ia yang telah menginap selama 4 bulan di sebuah hotel di kawasan Kecamatan Sukomanunggal namun tidak pernah mau membayar tagihan.

Ketika pihak hotel mencoba untuk menagih, ia mengatakan bahwa semua biayanya akan dibayarkan oleh negara. Bahkan ia juga mengancam akan menutup hotel tersebut jika terus ditagih uang sewa kamar.

Yeni, yang merupakan Direktur Sales Marketing hotel tempat Abdussamad menginap mengatakan pihaknya yang mulai curiga dengan Abdussamad akhirnya melaporkan hal itu ke Polsek Sukomanunggal.

Benar saja, setelah diselidiki, ternyata Abdussamad tidak terdaftar sebagai jaksa di Kejaksaan manapun.

Yeni menyebutkan bahwa Abdussamad menunggak Rp27 juta untuk pembayaran fasilitas hotel yang digunakan sejak November 2020.

Selain melakukan penipuan terhadap pihak hotel tersebut, Abdussamad juga diketahui menipu beberapa orang lainnya dengan mengaku dapat membantu korbannya untuk masuk PNS.

Salah satu korbannya adalah Deni Alam Kusuma. Ia dijanjikan akan dibantu menjadi PNS di Kejari dengan membayar uang ratusan juta. Rp250 juta pun sudah diserahkan Deni, namun ia tak kunjung jadi PNS.

Sementara itu, satu korban lain adalah Muhammad Dandi yang dijanjikan akan diterima sebagai PNS di Kemenkumham. Namun hingga saat ini Dandi juga tak kunjung jadi PNS meski telah menyerahkan uang sebesar RP500 juta kepada Abdussamad.

Atas perbuatannya tersebut, dalam persidangan terkait kasus yang dilakukannya itu, Abdussamad didakwa dengan pasal 378 KUHP tentang Penipuan, junto Pasal 65 ayat (1) KUHP tentang beberapa tindak pidana yang dilakukan orang yang sama, dalam waktu berbeda.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X