The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sempat Ditunjuk Jadi Calon Dubes RI untuk Spanyol, Terawan Dikabarkan Mundur
Terawan Agus Putranto. (ANTARA/Muhammad Adimaja)
News

Sempat Ditunjuk Jadi Calon Dubes RI untuk Spanyol, Terawan Dikabarkan Mundur

Jumat, 21 Mei 2021 08:50 WIB 21 Mei 2021, 08:50 WIB

INDOZONE.ID - Setelah sempat ditunjuk menjadi calon duta besar (Dubes) Indonesia untuk Spanyol, Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dikabarkan mengundurkan diri.

Kabar tersebut juga dibenarkan oleh Anggota Komisi I DPR RI Taufiq R Abdullah. Ia mengaku juga mendengar kabar mengenai mundurnya Terawan sebagai calon Dubes RI di Spanyol.

"Iya saya dengar," ujar Taufiq saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (21/5/2021).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri sudah mengirimkan surat perihal permohonan pertimbangan atas pencalonan duta besar kepada pimpinan DPR.

Di mana dalam Rapat Paripurna kemarin, Kamis (21/5/2021) sudah dibacakan Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar selaku pimpinan sidang. Menurut Taufiq nama Terawan tak ada dalam surat tersebut.

“Dia (Terawan) udah enggak ada di situ,” tegasnya.

Baca Juga: Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal Meninggal Dunia

Lebih jauh, dia tak mengetahui siapa sosok yang akan menggantikan Terawan guna menjabat Dubes RI di Spanyol. Dia hanya memastikan sudah ada pengganti untuk mengisi jabatan tersebut.

Sebelumnya diwartakan, Terdapat 31 nama calon Dubes RI yang beredar di kalangan wartawan. Di mana salah satunya ada nama mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto sebagai calon dubes untuk Spanyol.

Lalu ada nama Rosan Roeslani yang disebut bakal calon Dubes RI untuk Amerika Serikat. Selanjutnya politikus PDIP Zuhairi Misrawi yang diajukan sebagai Dubes RI untuk Arab Saudi.

Kemudian berikutnya yang diajukan adalah Suwartini Wirta sebagai Dubes RI untuk Kroasia, Damos D. Agusman sebagai Dubes RI untuk Austria. Setelah itu ada Siswo Pramono diajukan sebagai Dubes RI untuk Canberra, selanjutnya D Tumpal Simanjuntak sebagai Dubes RI untuk Kanada di Ottawa.

Ada juga nama M Prakosa ditunjuk sebagai Dubes RI untuk Italia. Ina Krisnamurthi sebagai Dubes RI untuk India, Bebeb Djundjunan sebagai calon Dubes RI untuk Yunani, Arrmanatha Nasir sebagai calon Dubes RI untuk PBB.

Anita Luhulima sebagai calon Dubes RI untuk Polandia, Pribadi Sutiono sebagai calon Dubes RI untuk Slovakia, Okto D. Manik ditunjuk sebagai calon Dubes RI untuk Timor Leste.

Setelah itu, Fientje Suebu dipilih sebagai calon Dubes RI untuk Selandia Baru, Triyogo Jatmiko ditunjuk sebagai calon Dubes RI untuk Tanzania, dan M. Oemar sebagai calon Dubes RI untuk Perancis.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Harits Tryan Akhmad

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US