Soal Penanganan Wabah Corona, Puan Minta Pemerintah Transparan

- Senin, 16 Maret 2020 | 10:53 WIB
Pimpinan DPR Puan Maharani (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari).
Pimpinan DPR Puan Maharani (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari).

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Puan Maharani, meminta pemerintah transparan terkait informasi konkret soal penanganan dan penanggulangan wabah virus corona (Covid-19).

"Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 harus segera mengumumkan langkah-langkah penanganan wabah corona secara transparan kepada masyarakat, termasuk langkah-langkah konkret bagaimana mencegah meluasnya penyebaran pandemi corona," kata Puan ketika dikonfirmasi Indozone, Senin (16/3/2020).

Puan menilai, Gugus Tugas juga harus menjadi representasi kehadiran negara dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat disertai langkah-langkah konkret sosialisiasi, edukasi, mitigasi, tanggap darurat dan pembatasan sosial untuk kepentingan penanganan wabah corona.   

Pemerintah, sambungnya, juga harus terus mengoptimalkan peran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Tujuannya untuk menjalankan fungsi terpadu dan terintegrasi, dalam penanganan wabah corona di bawah koordinasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana  (BNPB). 

"Langkah terpadu dan terintegrasi itu meliputi sosialisasi, deteksi dini, penanganan pasien, penanganan dampak, dan rehabilitasi sesuai pedoman penanganan protokol WHO dalam hal pencegahan pandemik corona. Pemerintah melalui BNPB juga harus memperkuat partisipasi masyarakat dan swasta  dalam penanganan wabah corona," jelasnya.

Politisi PDIP ini juga mengatakan DPR RI mendukung penetapan wabah Covid-19 sebagai Bencana Nasional non-alam, sehingga respons atas peristiwa ini menggunakan langkah-langkah tanggap darurat bencana nasional yang dikoordinir BNPB. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X