Hindari Penumpukan Penumpang, Transjakarta Tambah Layanan

- Selasa, 17 Maret 2020 | 07:12 WIB
Ilustrasi bus Transjakarta. (INDOZONE/Arya Manggala)
Ilustrasi bus Transjakarta. (INDOZONE/Arya Manggala)

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menambah jam operasional dan rute mulai hari ini, Selasa (17/3/2020). Bila kemarin hanya 13 rute saja yang dioperasikan karena ada pembatasan operasional, maka Transjakarta mulai hari ini kembali mengoperasikan 123 rute.

Waktu operasional dimulai pukul 05:00-22:00 WIB untuk layanan reguler, dan 11 rute Layanan Angkutan Malam Hari (Amari) mulai pukul 22:00-05:00 WIB.

"Penyesuaian rute tersebut diperlukan untuk membuat social distancing di dalam bus Transjakarta," ujar Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta, Nadia Diposanjoyo kepada Indozone, Senin (17/3/2020).

Untuk memastikan social distancing terjaga, dan mencegah penumpukan terlalu lama di halte, frekuensi dan jumlah bus yang beroperasi di tiap rute akan ditingkatkan hingga dua kali lipat dari frekuensi normal, sehingga jumlah pelanggan yang naik di dalam satu bus dapat dikurangi.

-
Bus TransJakarta (Instagram/@transjakarta)

Sabar

Selain itu, pelanggan diharapkan agar dapat sabar mengantri di luar halte untuk menghindari desak-desakan di dalam halte atau di dalam bus. 

"Mulai hari ini diterapkan kebijakan untuk menjaga jarak aman antar pelanggan dengan jarak satu lengan. Diharapkan dengan jarak antar pelanggan yang diatur, penyebaran covid-19 dapat diminimalisir," tuturnya.

Nadia juga memastikan, para petugas Transjakarta akan membantu mengarahkan pelanggan agar semuanya bisa berjalan dengan baik dan memberikan kenyaman dan keamanan bagi pelanggan. 

"Terakhir, kami menghimbau masyarakat untuk tetap membatasi perjalanan yang benar-benar diperlukan, selalu jaga kesehatan dan ikuti arahan petugas saat menggunakan layanan Transjakarta," pungkasnya.

Sebagai informasi saja, jumlah rute yang beroperasi akan mengalami penyesuaian dengan rincian sebagai berikut:

  • 15 rute BRT dalam koridor
  • 25 rute angkutan umum terintegrasi di dalam kota
  • 4 rute RoyalTrans
  • 10 rute Transjabodetabek
  • 69 rute Mikrotrans

Dengan kebijakan social distancing yang diberlakukan, maka kapasitas angkut tiap bus menjadi:

  1. 60 pelanggan untuk bus gandeng
  2. 30 pelanggan untuk bus besar
  3. 15 pelanggan untuk bus sedang dan Royaltrans
  4. 6 pelanggan untuk Mikrotrans.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X