Mengenang Djoko Santoso, Sosok Tegas yang Humoris

- Minggu, 10 Mei 2020 | 17:30 WIB
Sejumlah prajurit TNI mengusung peti jenazah dari Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso saat upacara pelepasan di rumah duka kawasan Bambu Apus Raya, Jakarta Timur, Minggu (10/5/2020). (Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat)
Sejumlah prajurit TNI mengusung peti jenazah dari Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso saat upacara pelepasan di rumah duka kawasan Bambu Apus Raya, Jakarta Timur, Minggu (10/5/2020). (Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat)

Mantan Panglima TNI Jenderal Purn Djoko Santoso meninggal dunia pada Minggu (10/5/2020). Semasa hidup, pria yang akrab disapa Djoksan tersebut dikenal baik para sahabat dan kerabatnya.

Pengamat militer dan intelijen, Susaningtyas Kertopati merupakan salah satu yang mengenal baik sosok Djoksan. Menurutnya, almarhum adalah sosok jenderal tegas yang gemar bercanda alias humoris.

"Saya mengenal Almarhum sejak saya masih anggota DPR RI dari PDI Perjuangan. Bagi saya beliau orang yang keras hati, strategis tapi juga berhati mulia, dan jenaka senang bercanda," kata perempuan yang akrab disapa Nuning tersebut kepada Indozone.

Nuning menambahkan, Djoksan merupakan sosok yang sangat ramah. Bahkan, dia sangat menyanyangi keluarganya.

"Pak Djoko dekat dengan putra putrinya. Saya juga mengenal baik salah satu putra Almarhum yaitu Mas Pandu menjadi anggota Komisi 1 DPR dari Fraksi Gerindra," sambungnya.

Bagi Nuning, semasa mengemban amanah menjadi Panglima TNI, Jenderal Djoko Santoso merupakan pemimpin yang baik. Meski berasal dari TNI Angkatan Darat, namun Djoksan sangat memperhatikan semua matra di TNI selama menjadi panglima.

"Saat menjadi Panglima TNI Almarhum saya lihat sosok pimpinan TNI yang punya perhatian baik kepada semua matra TNI bukan hanya TNI AD," tegas Nuning.

-
Kerabat berdoa di depan peti jenazah dari Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso di rumah duka kawasan Bambu Apus Raya, Jakarta Timur, Minggu (10/5/2020). (Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat).

Mantan anggota Komisi I DPR itu pun merasa kehilangan saat mendengar kabar Jenderal Djoko Santoso meninggal dunia. Dia pun menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Djoko Santoso.

"Selamat jalan Jenderal TNI Djoko Santoso, semoga husnul khotimah," pungkasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X