Gelar Rapim, Ini Fokus Kementerian Pertahanan

- Rabu, 22 Januari 2020 | 14:41 WIB
Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono. (Instagram/@kemhanri)
Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono. (Instagram/@kemhanri)

Kementerian Pertahanan (Kemenhan) tengah melaksanakan Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan (Rapim Kemhan) Tahun 2020 yang berlangsung Rabu (22/1/2020) hingga Kamis (23/1/2020).

Rapim kali ini mengambil tema 'Pertahanan Semesta yang Kuat, Menjamin Kelangsungan Hidup NKRI'.

Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono menyatakan, kegiatan Rapim merupakan kegiatan strategis mengevaluasi pelaksanaan program kerja Tahun Anggaran 2019, serta proyeksi keberhasilan program kerja Tahun Anggaran 2020.

"Rapim kali ini menjadi sangat penting dan strategis, karena merupakan Rapim pertama. Selain itu point penting lainnya adalah, bahwa program kerja yang disusun harus sinergi, dengan tujuan strategis yang tercantum dalam Kebijakan Umum Pertahanan Negara (Jakum Hanneg) Tahun 2020-2024”, ucapanya saat dikonfirmasi Indozone, Rabu (22/1/2020).

Menurutnya, tahun 2020 merupakan tahun krusial ditinjau dari aspek strategi dan kebijakan pertahanan negara. Karena akan berlangsung penyusunan berbagai kebijakan dan produk strategis bidang pertahanan negara, mengingat tahun ini adalah awal tahun masa pemerintahan periode lima tahunan.

"Selain itu, koordinasi dan sinergitas antar satuan kerja, dan antar Kementerian/Lembaga harus dilakukan secara intens, untuk memastikan bahwa pertahanan negara selalu dalam kondisi terbaiknya, sesuai dengan lingkungan strategis dan analisa ancaman," jelasnya.

Dia juga mengatakan, Kemenhan berupaya untuk mengembangkan industri pertahanan dalam negeri guna memenuhi kebutuhan alutsista TNI dan menunjang kemandirian industri pertahanan.

"Kebijakan ini diambil sejalan dengan visi Bapak Presiden RI terkait dengan kebijakan pembangunan teknologi dan industri pertahanan," tegasnya.

Rapim kali ini dihadiri seluruh pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kemenhan serta pejabat perwakilan dari Mabes TNI, Mabes AD, AU dan AL.

Pada hari pertama dilaksanakan paparan dan pembahasan terhadap capaian-capaian dari setiap Satker Kemenhan dan kegiatan bersifat internal Kementerian Pertahanan.

Pada hari kedua dilaksanakan penyampaian kebijakan pertahanan negara Tahun 2020 dan penyerahan amanat anggaran T.A. 2020 oleh Menhan kepada Panglima TNI, Kepala Staf Angkatan dan Sekjen Kemenhan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X