Situs Sejarah Indonesia Ini Berada di Komplek Kedutaan Besar AS

- Jumat, 24 Januari 2020 | 10:54 WIB
Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar, Duta Besar Joseph R. Donovan dan Gubernur Anies Baswedan saat peresmian Gedung Sjahrir. (Kedutaan Besar Amerika Serikat)
Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar, Duta Besar Joseph R. Donovan dan Gubernur Anies Baswedan saat peresmian Gedung Sjahrir. (Kedutaan Besar Amerika Serikat)

Guys, kalian tahu enggak kalau di dalam Kompleks Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Jakarta, terdapat gedung yang menjadi saksi sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia?

Dinamakan Gedung Sjahrir atau The Heritage Building, gedung ini dahulu menjadi kantor bagi Perdana Menteri Pertama Indonesia Sutan Sjahrir (1945-1947) dan delegasi Indonesia.

Delegasi pilihan Presiden Soekarno tersebut, merupakan wakil Indonesia dalam Konferensi Meja Bundar (KMB) di Den Haag, Belanda kelak. Di gedung tersebut mereka melakukan persiapan.

“Ini adalah momen yang unik. Saya mengatakan hal ini karena ketika melihat bangunan ini sekarang, dalam arti tertentu, kita melihat waktu ke belakang dan menyaksikan kembali semangat demokrasi Indonesia yang berkembang," kata Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan saat meresmikan Gedung The Heritage, bersama Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia Mahendra Siregar dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kamis (23/1/2020).

-
The Heritage Building atau Gedung Sjahrir. (Kedutaan Besar Amerika Serikat)

 

Sebagai bagian dari Kompleks Kedutaan Besar Amerika Serikat, Duta Besar Donovan mengatakan pihaknya ikut memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan melestarikan bangunan bersejarah tersebut. 

“Kami merasa terhormat atas hak istimewa ini dan berkomitmen untuk melestarikan sejarah tersebut selama beberapa dekade mendatang,” ujarnya.

"Heritage Building ini melambangkan ketangguhan, kehandalan kemitraan dan persahabatan antara Indonesia dengan Amerika Serikat," imbuh Duta Besar Donovan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X