Total Korban Virus Korona: 26 Tewas, 830 Terinfeksi

- Jumat, 24 Januari 2020 | 15:09 WIB
Warga mengenakan masker untuk mencegah penularan virus corona di Beijing, Tiongkok (REUTERS/Carlos Garcia Rawlins).
Warga mengenakan masker untuk mencegah penularan virus corona di Beijing, Tiongkok (REUTERS/Carlos Garcia Rawlins).

Wabah virus korona kian memprihatinkan di Tiongkok. Otoritas setempat melaporkan total 26 orang tewas, dan 830 individu lainnya terjangkit virus korona hingga Jumat (24/1/2020). 

Jumlah itu diperkirakan terus bertambah, mengingat belum diketahui kecepatan virus korona jenis baru itu bertransmisi. Vaksinya juga belum ditemukan oleh tenaga medis hingga saat ini. 

South China Morning Post mengabarkan, Pemerintah Provinsi Hubei menanggapi peristiwa itu dengan menutup delapan kota, antara lain Wuhan, Huanggang, Ezhou, Chibi, Xiantao, Qianjiang, Zhijiang dan Lichuan. 

Aktivitas warga pun terganggu karena transportasi umum, misalnya bus sudah tidak beroperasi di Chibi, Xiantao, hingga Qianjiang. Tempat-tempat hiburan seperti kafe dan bioskop pun tutup. 

Hanya rumah sakit, pasar sayur dan buah, supermarket, tempat pengisian bahan bakar, serta apotek yang masih beroperasi hingga saat ini. 

Wakil World Health Organization (WHO) di Tiongkok, Gauden Galea, mengatakan kebijakan menutup kota belum pernah terjadi pada masa sebelumnya. Dia pun tidak bisa menjamin kebijakan otoritas setempat bakal berdampak positif atau sebaliknya. 

"Mencoba membatasi sebuah kota dengan penduduk 11 juta jiwa adalah hal baru. Ini belum pernah dicoba sebelumnya sebagai langkah kesehatan publik. Sekarang kami tidak bisa berkata itu bakal berhasil atau tidak," ujar Gauden. 

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X