Pilot Lion Air Dinyatakan Negatif Narkoba Usai Pesawat Tabrak Garbarata Bandara Merauke

- Jumat, 27 Januari 2023 | 20:24 WIB
Pesawat Lion Air tabrak garbarata di Bandara Mopah, Merauke, Kamis (26/1/2023)
Pesawat Lion Air tabrak garbarata di Bandara Mopah, Merauke, Kamis (26/1/2023)

Pilot dan kru Lion Air yang pesawatnya tabrak Garbarata di Bandara Mopah Merauke inyatakan tidak terindikasi mengkonsumsi alkohol atau narkoba usai menjalani sejumlah pemeriksaan.

"Dua awak kokpit dan 5 awak kabin dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Mereka negatif atau tidak terindikasi alkohol dan narkoba," kata Danang Mandala Prihantoro Corporate Communications Strategic of Lion Air melalui keterangan tertulisnya kepada Indozone, Jumat (27/1/2023).

Hasil itu diperoleh kata Danang setelah dua kali pemeriksaan bertahap yang dilakukan tenaga kesehatan berlisensi dari Divisi Satuan Narkotika dan Obat Terlarang Polres Merauke.

Proses cek kesehatan bagi awak pesawat JT-797 melalui tahapan pengujian yang dilakukan berdasarkan tes urine (urinalisis) sebagai sampel (specimen) untuk mendeteksi kondisi dan tes toksikologi guna mengenali 30 jenis obat-obatan.

Baca juga: Profil Bangga Luhur Insani, Sosok Pilot yang Tabrak Garbarata di Bandara Mopah Merauke

Lion Air menegaskan bahwa, uji spesimen disesuaikan dengan jenis sampel yang diinginkan dan dijalankan mengikuti kaidah kesehatan agar lebih valid untuk menghindari hasil positif palsu atau negatif palsu.

Sedangkan pemeriksaan urine lengkap dilakukan untuk memeriksa kondisi kesehatan krup pesawat secara keseluruhan dan diagnosis penyakit tertentu.

Pemeriksaan itu juga bertujuan untuk memastikan mereka sehat dari pemantauan perkembangan penyakit dan skrining obat-obatan seperti penggunaan narkotika serta psikotropika.

Danang menegaskan dalam menjalankan operasional dan layanan penerbangan, Lion Air senantiasa patuh dan selalu melaksanakan pengecekan kesiapan pesawat, pilot dan kru kabin sebelum penerbangan agar aman untuk beroperasi.

"Semua awak pesawat dan teknisi wajib mengikuti prosedur tes kesehatan dan harus dinyatakan sehat sebelum bertugas," katanya.

Lion Air menyampaikan bahwa seluruh kru pesawat harus mengikuti medical examination (medex) atau Pemeriksaan Kesehatan Bersertifikat yaitu rangkaian tes kesehatan dan tes psikologis yang dijalankan secara berkala (berjadwal) melalui lembaga kesehatan yang ditunjuk oleh regulator (Kementerian Perhubungan).

Baca juga: Fakta-fakta Pesawat Tabrak Garbarata Bandara Mopah Merauke Hingga Lion Air Minta Maaf

Kondisi kesehatan fisik dan psikologis (mental) harus memenuhi kualifikasi kesehatan penerbangan, mencakup pemeriksaan fisik, ketajaman visual, kemampuan pendengaran dan pemeriksaan lainnya.

Hasil tes kesehatan terakhir (rekam medis) dari 7 (tujuh) awak pesawat penerbangan JT-797 yang bertugas pada Kamis (26/1/2023) kemarin menunjukkan memenuhui standar kesehatan penerbangan dan memiliki sertifikat kesehatan penerbangan dari Balai Kesehatan Penerbangan Kementerian Perhubungan di Jakarta.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X