27 Nama Calon Pj Gubernur DKI Pengganti Anies Dibahas Hari Ini

- Selasa, 13 September 2022 | 11:08 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (INDOZONE/Harits Tryan Akhmad)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (INDOZONE/Harits Tryan Akhmad)

Sebanyak 27 nama calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan dari sembilan fraksi DPRD DKI Jakarta akan dibahas dalam Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) hari ini, Selasa (13/9/2022).

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, menyebutkan sebelumnya pimpinan dewan akan menyampaikan tiga usulan nama. Namun, dalam Rapimgab kali ini kesepakatannya pimpinan dewan tak memberikan nama.

Hal tersebut dikarenakan pimpinan dewan merupakan anggota fraksi dan setiap fraksi telah diberikan kewenangan untuk mengajukan tiga nama calon pengganti Anies Baswedan.

Baca Juga: Kerucutkan 3 Nama Calon Pj Gubernur DKI Jakarta, Pimpinan DPRD akan Libatkan 9 Fraksi

"Kami sebagai pimpinan kan lima orang juga anggota fraksi, nah itu nanti haknya ada di fraksi. Kita rapat internal fraksi menentukan siapa tiga orang itu," ucap Prasetyo.

Dalam penentuannya, bakal dikerucutkan tiga nama yang paling banyak diajukan dari semua fraksi. Ketika sudah dipilih, pimpinan dewan akan bersurat ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk dibahas lebih lanjut.

"Nah yang paling tinggi di voting itu dinilai dan nanti akan diserahkan ke Mendagri," sebutnya.

Masa jabatan Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria sendiri akan berakhir pada 16 Oktober 2022. Itulah mengapa mulai 17 Oktober hingga Pemilu 2024 selesai, Jakarta akan dipimpin oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X