Waduh! Harga Pertamax Turbo di Turki Lebih Murah Ketimbang di Indonesia, Segini Besarannya

- Jumat, 9 September 2022 | 15:01 WIB
Suasana SPBU di Turki. (Z Creators/Elisa Oktaviana)
Suasana SPBU di Turki. (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Saat harga minyak mentah dunia sedang turun, pemerintah Indonesia justru menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Enggak heran, kebijakan ini memicu gelombang protes. 

Perubahan harga BBM di Indonesia, baik subsidi maupun non-subsidi enggak terjadi setiap bulan. Kecuali tahun 2015 silam, harga BBM naik sampai 4 kali (1 Januari, 1 Maret, 28 Maret dan 30 Maret). 

-
Suasana SPBU di Turki. (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Lain cerita di Turki. Harga BBM fluktuatif hampir setiap hari, mengikuti harga minyak dunia. Berdasarkan data resmi Global Petrol Price, harga bensin di Turki sejak 5 sampai 8 September 2022 adalah 19,35 TL (Rp 15,795). Harga ini merupakan yang terendah sejak Mei. Harga tertinggi tercatat pada 20 Juni 2022, yang  tembus 27.63 TL (Rp22,546). 

Global Petrol Price menghitung harga BBM untuk jenis RON95. Kalau di Indonesia, setara dengan Pertamax Turbo, Shell V Power, Revo 95 dan BP95. Harganya juga enggak beda jauh, sekitar Rp15,900 sementara di Indonesia Rp16.250 per 9 September 2022. 

-
Suasana SPBU di Turki. (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Sesuai data Global Petrol Price, Indonesia urutan ke-39 sebagai negara dengan harga BBM termurah. Sementara Turki berada di urutan ke-42. Tahun 2021 lalu, harga bensin di Turki naik sampai 224 persen dan harga solar naik 238 persen! 

Turki hampir sepenuhnya bergantung pada impor untuk memenuhi kebutuhan gas alam dan minyaknya. Lonjakan harga energi di Turki disebabkan beberapa faktor, seperti naiknya harga minyak mentah dunia, konflik Rusia-Ukraina, anjloknya nilai tukar mata uang Lira Turki dan tingginya pajak BBM. 

-
Suasana SPBU di Turki. (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Turki termasuk negara dengan pajak BBM tertinggi di dunia. Harga energi (BBM dan gas alam) yang melambung, mengakibatkan daya beli masyarakat lemah. 

Pemerintah Turki sudah dua kali menaikkan upah minimum, sepanjang tahun ini. Per 1 Juli, upah minimum (nett) menjadi 5,500 TL (sekitar Rp4,5 juta). 

-
Suasana SPBU di Turki. (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Tetap saja, kenaikan gaji belum mampu sepenuhnya mengimbangi harga BBM dan tingkat inflasi yang menembus 80,2 persen! Kebayang kan, harga-harga kebutuhan pokok dan biaya transportasi yang melonjak tajam? So, enggak cuma netizen +62 saja yang pusing karena BBM, Bestie! 

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

-
Z Creators

Editor: Yayan Supriyanto

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X