Balap Liar Jelang Buka Puasa, 10 Joki dan Ratusan Motor di Tulungagung Diamankan Polisi

- Rabu, 19 April 2023 | 13:43 WIB
Ratusan motor diamankan polisi. (Z Creators/Firmanto Imansyah)
Ratusan motor diamankan polisi. (Z Creators/Firmanto Imansyah)

Tercatat lebih dari 200 sepeda motor diamankan Satlantas Polres Tulungagung dari lokasi Jalur Lintas Selatan (JLS) di Desa Ngrejo Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung beberapa waktu yang lalu.

Ratusan kendaraan ini dijaring oleh polisi dalam upaya penertiban aksi balap liar yang kerap digelar di lokasi tersebut pada sore dan malam hari.

Kasatlantas Polres Tulungagung, AKP Rahandy Gusti Pradana mengatakan, untuk memberikan efek jera kepada para pelaku, pihaknya tidak hanya memberikan sanksi tilang saja namun juga sanksi pidana kepada para pelaku.

Kini 10 orang joki dalam aksi balap liar ini sudah ditetapkan menjadi tersangka karena perbuatannya tidak hanya melanggar lalu lintas namun sudah masuk dalam kategori tindak pidana karena membahayakan nyawa orang lain maupun pengguna jalan lainnya.

"Ada puluhan orang yang keterangannya terus kita dalami, kemudian sejauh ini sudah ada 10 orang yang kita tetapkan sebagai tersangka, perannya mereka ini sebagai joki," ujarnya pada Selasa (18/4/2023).

Baca Juga: Polisi Ungkap Tabrak Lari di Tulungagung, Ternyata Pelaku Balap Liar

Rahandy memastikan proses hukum kepada para tersangka ini terus berjalan,meskipun sampai saat ini mereka belum ditahan karena ancaman hukumannya dibawah lima tahun penjara.

"Tidak kita tahan namun proses hukum tetap berjalan, sebab ancaman hukumannya kan dibawah 5 tahun penjara," jelasnya.

Rahandy memastikan, sampai saat ini hasil pendalaman pihaknya dipastikan belum ditemukan adanya unsur judi dalam balap liar ini, sebab tidak cukup bukti mengarah ke kasus perjudian.

-
Ratusan motor diamankan polisi. (Z Creators/Firmanto Imansyah)

Pihaknya menegaskan, terus akan melakukan pemantauan di beberapa lokasi rawan balap liar, selain itu masukan dari masyarakat juga sangat diperlukan guna mengantisipasi balap liar terulang kembali.

"Kita terus akan melakukan pemantauan di beberapa lokasi rawan balap liar, informasi masyarakat juga sangat kita tunggu," ungkapnya.

Masih menurut Rahandy, selama ini mereka para pelaku balap liar ini tergabung dalam komunitas yang saling bertukar informasi dan lokasi balap liar yang dilakukan secara berpindah-pindah, untuk mengelabui petugas.

Artikel Menarik Lainnya:

Konten ini adalah kiriman dari Z Creators Indozone. Yuk bikin cerita dan konten serumu serta dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini .

Halaman:

Editor: Z Creators

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X