Polda Metro Tangkap Kawanan Sindikat Begal ATM di Sumsel

- Rabu, 20 Juli 2022 | 02:08 WIB
Konferensi pers begal ATM di Polda Metro Jaya. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).
Konferensi pers begal ATM di Polda Metro Jaya. (INDOZONE/Samsudhuha Wildansyah).

Jajaran Subdit Resmob Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya berhasil menangkap dua tersangka, pelaku begal ATM dengan modus unik. Sindikat ini ditangkap di pedalaman di daerah Sumatera Selatan.

"Subdit 3 Tahbang Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya berhasil melakukan pengungkapan dan penangkapan terhadap pelaku kasus penipuan dan atau penggelapan dan atau mengakses sistem elektronik milik orang lain secara ilegal dan atau pencurian data elektronik," kata Kasubdit Penmas Bid Humas Polda Metro Jaya, Kompol Agung dalam konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (19/7/2022).

Kasus ini terungkap dari laporan korban yang mengaku ada nomor Whatsapp dengan gambar profil logo Bank BCA menghubungi dengan menawarkan menjadi BCA Prioritas. Korban diarahkan masuk ke dalam sebuah website yang sudah disiapkan oleh para pelaku.

Baca Juga: Nasabah Mengeluh Uang Rp300 Juta Hilang di Rekeningnya, Ternyata WNA Ini Pelakunya

"Selain itu, pelapor diminta memberitahukan nomer kartu debitnya dan CVVnya. Tanpa curiga pelapor memberitahukan nomor kartu debit BCA dan CVVnya," beber Agung.

Sejurus kemudian, rekening korban secara tiba-tiba terjadi transaksi dengan nilai Rp 181.000.000 juta. Merasa dirugikan, korban melaporkan kasus ini ke Polda Metro Jaya.

Tak butuh waktu lama, Polda Metro Jaya berhasil menangkap dua pelaku berinisial R dan B di Desa Lebung Itam, Tulung Selapan, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan pada 14 Juli 2022. Kedua tersangka pun dijerat dengan pasal berlapis dan ancaman hukuman penjara di atas lima tahun.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X