Resmikan 100 Taman Maju Bersama, Anies Baswedan Senang Target Bisa Terlampaui

- Rabu, 12 Oktober 2022 | 14:13 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam peresmian taman maju bersama (TMB), Rabu (12/10/2022). (INDOZONE/Sarah Hutagaol)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam peresmian taman maju bersama (TMB), Rabu (12/10/2022). (INDOZONE/Sarah Hutagaol)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan 100 taman maju bersama (TMB). Ia pun menyebutkan pembangunan taman ini melampaui jumlah yang sempat ditargetkan sebelumnya.

“Semua ditargetkan 86 taman maju bersama, tapi Alhamdulillah tercapai 100 taman maju bersama," ucap Anies di Taman Delonix, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu (12/10/2022).

Anies pun mengatakan, 100 taman maju bersama ini dibangun agar dapat dijadikan tempat untuk berinteraksi antar warga atau yang biasa diistilahkannya dengan sebutan ruang ketiga.

Baca Juga: Masalah Sampah DKI Jakarta, Anies Baswedan Nilai Budidaya Maggot Bisa Jadi Solusi

"Prinsip ruang ketiga adalah ruang yang memberikan perasaan kesetaraan, ruang yang memberikan perasaan kebersamaan dan ruang yang memungkinkan antar warga ada interaksi yang positif," terangnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini juga menyebut, konsep pembangunan taman maju bersama ini berbeda dibandingkan taman-taman sebelumnya yang dibangun di era Gubernur DKI Jakarta sebelumnya.

Anies mengklaim, proses pembangunan taman maju bersama ini dilakukan dengan turut melibatkan masyarakat sejak tahap perencanaan. Oleh karenanya, setiap taman yang dibangun memiliki keunikannya sendiri.

"Aspirasi masyarakat itu dimasukkan ke dalam proses perancangan. Jadi di dalam proses perancangannya warga terlibat.Jadi rancangan untuk setiap lokasi berbeda-beda,” ungkap Anies.

Baca Juga: Tinjau Halte Tj, Anies: Dulu Nikmatin Bundaran HI dari Atas Harus Makan di Resto Mahal

“Dengan begitu kami berharap ruang ketiga ini nantinya mempersatukan masyarakat. Bisa membuat perasaan kita sebagai warga Jakarta satu kesatuan. Itulah prinsip dibalik taman maju bersama," tandasnya.

Berikut rincian 100 taman maju bersama (TMB) yang telah terbangun di Jakarta:

1. Jakarta Utara: 17 TMB
2. Jakarta Barat: 17 TMB
3. Jakarta Selatan: 28 TMB
4. Jakarta Timur: 38 TMB
 

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X