Jokowi Anggarkan Rp1,9 Triliun untuk Program Reboisasi Nasional
Presiden Joko Widodo di Desa Pasir Madang, Sukajaya, Ka upaten Bogor, Senin (3/2) (Photo/ANTARA/Indra Arief Pribadi)
News

Jokowi Anggarkan Rp1,9 Triliun untuk Program Reboisasi Nasional

Senin, 03 Februari 2020 23:50 WIB 03 Februari 2020, 23:50 WIB

INDOZONE.ID - Di sela kunjungan kerjanya di Desa Pasir Madang, Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (3/2/2020), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa pemerintah telah menyediakan alokasi anggaran hingga Rp 1,9 triliun untuk program reboisasi di seluruh Indonesia.

"Besar anggarannya. Di seluruh Indonesia kalau tidak salah Rp1,9 triliunan. Untuk tahun 2020 kita sudah petakan," kata Jokowi.

Program penanggulangan bencana dengan reboisasi akan menjadi pendekatan vegetatif bagi masyarakat untuk terus mau menanam tanaman berakar liat seperti vetiver (akar wangi).

Jokowi juga mengatakan, program itu nantinnya juga dilakukan ke daerah-daerah yang berpotensi dilanda bencana tidak hanya banjir.Untuk daerah Sukajaya sendiri, pemerintah menyiapkan kurang lebih 92 ribu bibit tanaman yang berfungsi untuk memperbaiki ekosistem.

"Ini yang akan terus kita dekati dengan cara-cara itu, sehingga kita harapkan dengan dua pendekatan ini, bencana banjir dan longsor bisa kita selesaikan," ucapnya.

Di sisi lain, ia juga meminta masyarakat agar memanfaatkan tanaman bernilai ekonomis.

"Saya kira nanti dari Kementerian LHK menanam sambil mengedukasi masyarakat karena yang menanam juga masyarakat," katanya.

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
M. Rio Fani
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU