Mengulik Sejarah Kunai, Senjata ala Ninja yang Buat Wiranto Terluka

- Jumat, 11 Oktober 2019 | 11:40 WIB
Senjata Kunai yang digunakan pelaku penusukan Menkopolhukam Wiranto. (Istimewa)
Senjata Kunai yang digunakan pelaku penusukan Menkopolhukam Wiranto. (Istimewa)

Menkopolhukam Wiranto menjadi korban penusukan di Pandeglang, Banten, Kamis (10/10). Pelaku diduga menggunakan Kunai untuk menyerang mantan Pangkostrad tersebut.

Kunai adalah senjata lempar tradisional jepang, yang muncul pada era Kaisar Tensho. Senjata ini biasa digunakan para ninja, seperti halnya makibishi dan shuriken. 

Alat ini menyerupai pisau dan sering digunakan seperti kuku oleh para ninja untuk untuk menempel di dinding sewaktu memanjat atau menggali tanah. 

Kunai pada umumnnya dibuat dari besi, bukan baja/metal lain, dan tidak di-polish

Senjata ini biasanya berukuran sekitar 10-15 cm sehingga cukup kecil untuk dibawa ke mana-mana dan disembunyikan di balik baju dari penglihatan orang.  

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by INDOZONE - #KAMUHARUSTAU (@indozone.id) on

Kunai pada dulunya adalah alat untuk berkebun dan alat bagi para pekerja batu. Kunai dipercaya bukan senjata yang didesain untuk dilempar. Namun, Kunai juga dapat dilempar dan menghasilkan daya hancur yang lumayan.

Kunai ternyata ada jenisnya lho! Kunai berukuran kecil disebut Tobikunai. Nah yang ini digunakan seperti halnya shuriken.

Hingga saat ini, pihak kepolisian belum memastikan senjata yang digunakan untuk menusuk Wiranto adalah Kunai. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, senjata yang digunakan berbentuk pisau atau semacam gunting. 

*Artikel tentang sejarah Kunai ini telah tayang di Indozone.id pada 25 Februari 2019. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X