Kemenag: Ramadan di Rumah Tak Kurangi Kualitas Ibadah

- Jumat, 17 April 2020 | 18:51 WIB
Umat Islam melaksanakan salat Jumat di masjid Agung Al Markazul Islamic Center Lhokseumawe, Aceh, Jumat (3/4/2020). (Photo/ANTARA FOTO/Rahmad)
Umat Islam melaksanakan salat Jumat di masjid Agung Al Markazul Islamic Center Lhokseumawe, Aceh, Jumat (3/4/2020). (Photo/ANTARA FOTO/Rahmad)

Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin menyampaikan kepada masyarakat untuk menjalankan kegiatan selama Ramadan dari rumah. Ia juga mengatakan bahwa hal itu tidak akan mengurangi kualitas ibadah.

Hal itu disampaikan Kamaruddin dalam konferensi pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (17/4/2020).

“Kualitas ibadah kita, insyaallah, tidak akan berkurang dengan melaksanakan ibadah di rumah,” katanya.

Menurut Kamaruddin, kualitas ibadah tak hanya ditentukan oleh lokasi di mana ibadah itu dilakukan. ia merujuk pada ayat Alquran yang ditafsirkan; “Kesucian jiwa, keikhlasan, dan kekhusyukan menentukan kualitas ibadah kita.”

Masyarakat juga diimbau untuk menjalankan ibadah dari rumah sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19. Kamaruddin juga mengutip hadist Nabi Muhammad yang ditafsirkan, “Kita tidak boleh menjemput bahaya, dan juga tidak boleh menularkan bahaya itu kepada orang lain.”

“Meskipun kita sama-sama menyadari betapa penting dan mulia beribadah di masjid, dalam konteks seperti sekarang ini wajib hukumnya bagi kita untuk tetap berada dan beribadah di rumah,” kata dia.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X