Kawanan Monyet Ekor Panjang Masuk Permukiman Warga

- Jumat, 26 Juli 2019 | 15:59 WIB
Monyet ekor panjang/Istimewa
Monyet ekor panjang/Istimewa

Upaya mencegah kawanan monyet ekor panjang masuk ke kawasan permukiman dan menyerang wisatawan terus dilakukan oleh Pengelola Gunung Api Purba Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Serbuan monyet ekor panjang telah terjadi kurang lebih lima tahun dan berlangsung setiap musim kemarau. 

Diduga karena populasinya monyet ekor panjang tidak terkendali, makanan semakin berkurang hingga mereka mulai masuk ke permukiman.

"Untuk tahun ini baru sekitar tiga bulan terakhir mereka menyerbu permukiman warga. Terkadang mengganggu wisatawan yang berkunjung ke Gunung Api Purba Nglanggeran,"  kata Pengelola Gunung Api Purba Nglanggeran, Sudadi di Gunung Kidul, Jumat (26/7/2019).

Pengelola sudah menanam ratusan pohon buah untuk mencegah monyet turun gunung namun karena populasinya cukup banyak hal itu belum banyak membantu. Jenis tanaman buah yang ditanam tidak mengenal musim seperti talok (kersen).

Pengelola juga menanam pohon duwet dan jambu, tetapi dua pohon tersebut berbuah musiman.

"Saat seperti ini, kawanan monyet memakan buah beringin dan kayu akasia mungkin karena mereka sudah sangat lapar," katanya.

Meski kawanan monyet ekor panjang masuk ke permukiman, tapi hingga kini belum ada laporan warga ataupun wisatawan yang mengalami serangan dari hewan yang bernama latin Macaca fascicularis itu. 

"Monyet akan marah kepada pengunjung yang mengganggu mereka (monyet) makan," katanya.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X