Inilah 5 Hal Besar yang Akan Terjadi Jika Bumi Berbentuk Datar
photo/Dok.NASA
News

Inilah 5 Hal Besar yang Akan Terjadi Jika Bumi Berbentuk Datar

Jumat, 19 Juli 2019 17:25 WIB 19 Juli 2019, 17:25 WIB

INDOZONE.ID - Sebagian besar manusia percaya bahwa bumi itu bentuknya bulat. Namun, sebagian manusia lainnya meyakini bahwa teori itu salah. Menurut mereka, bumi justru berbentuk datar. Teori bumi bulat dan datar ini masih menjadi perdebatan.

Bahkan, para penganut teori bumi datar sudah menyebarkannya ke banyak orang. Padahal, sudah sekian tahun yang lalu para astronom telah membuktikan bahwa bumi berbentuk bulat disertai dengan fakta-fakta detail yang masuk di akal.

Bicara soal bentuk bumi, tentu ada perbedaan antara bumi berbentuk bulat dan yang datar. Seperti apa ya kira-kira kalau teori bumi datar itu memang benar? Dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (18/7), inilah 5 hal besar yang akan terjadi jika bumi berbentuk datar:

1. Tidak Ada Pembagian Zona Waktu

photo/livescience.com
photo/livescience.com

Jika benar bumi berbentuk datar, maka yang terjadi adalah tidak akan ada perbedaan wkatu di berbagai tempat di bumi, termasuk pergantian siang dan malam. Artinya, matahari akan terus menyinari bumi sepanjang waktu.

2. Perbedaan Musim Tidak Akan Terjadi

photo/Pexels
photo/Pexels

Perbedaan musim terjadi lantaran sinar matahari mengenai bumi pada sudut berbeda di suatu waktu. Nah, kalau bumi berbentuk datar, tentu tidak akan terjadi yang namanya perbedaan musim. Tidak akan ada musim panas, dingin, gugur, semi, hujan, atau kemarau.

3. Sistem Navigasi Tidak Ada

photo/Pexels
photo/Pexels

Bayangkan saja, seandainya bumi berbentuk datar, maka sistem navigasi (GPS) tidak akan pernah bisa dirasakan. Karena, GPS mengandalkan satelit yang berputar mengelilingi bumi. Jadi, kalau bumi bentuknya datar, tidak akan ada medan magnet yang membuat satelit mengitari bumi.

4. Gravitasi Bumi Gagal

photo/Pixabay
photo/Pixabay

Para penganut teori bumi datar menganggap bahwa gravitasi akan bergerak lurus ke bawah, tetapi hal itu belum bisa dibuktikan. Tapi menurut beberapa pendapat mengatakan bumi akan kehilangan gravitasi apabila bentuknya memang datar. Ini akan berakibat fatal, bahkan matahari bisa jatuh menimpa bumi.

5. Pergantian Tahun Sangat Lama

photo/Ilustrasi
photo/Ilustrasi New Year/Pexels

Pergantian tahun dipengaruhi oleh revolusi bumi, di mana bumi akan mengitari matahari. Namun, yang terjadi jika bumi bentuknya datar adalah pergantian tahun akan menjadi sangat lama, bahkan tidak diketahui kapan akan terjadi.

TAG
Indozone Media
Indozone Media
Indozone Media

Rizka

Writer
Indozone Media

Rizka

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU