Buat Bingung Pengendara, Rambu Ganjil Genap Kekecilan

- Selasa, 10 September 2019 | 11:02 WIB
Rambu pembatasan kendaraan ganjil genap di kawasan Matraman, Jakarta Timur. (Antara/Akbar Nugroho)
Rambu pembatasan kendaraan ganjil genap di kawasan Matraman, Jakarta Timur. (Antara/Akbar Nugroho)

Ukuran huruf pada rambu kawasan ganjil genap dianggap terlalu kecil dan membingungkan para pengendara. Terdapat empat ruas jalan di Jakarta Timur yang masuk kedalam kawasan ganjil genap.

Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur mengusulkan agar rambu di kawasan ganjil genap tersebut diperbesar untuk menghindarai kebingungan pengendara yang melewati jalan tersebut.

"Memang ada keluhan dari pengendara bahwa huruf dari rambu terlalu kecil," kata Kepala Seksi Lalu Lintas Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur, Andreas Eman, di Jakarta, Senin (10/9).

Menurut Andreas, usulan yang akan disampaikan kepada pimpinan adalah pembuatan rambu serupa gerbang di kawasan ganjil genap yang mudah dilihat dalam radius jarak minimal 100 meter.

"Seperti Rambu Pendahulu Petunjuk Jurusan (RPPJ) seperti gerbang. Jadi, sebelum lapangan ada papan peringatan dengan huruf yang lebih besar," katanya.

Sebelumnya, keluhan rambu peringatan di kawasan ganjil genap dilontarkan warga Bogor, Jawa Barat, Syarifah.

Pekerja swasta di Menteng itu terlibat adu mulut dengan petugas Dishub DKI Jakarta karena tak terima kendaraannya diberhentikan. Saat itu petugas DIshub memintanya untuk putar arah mencari jalan alternatif lain ketika melintas di Jalan Pramuka, Jakarta Timur.

"Bagaimana saya bisa tahu kalau ini kawasan ganjil genap, kalau rambunya saja gak kelihatan. Sosialisasi sebulan itu masih kurang," kata Syarifah.

Menurut dia tulisan pada rambu ganjil genap baru bisa terbaca jelas saat petugas menunjuk ke titik rambu itu terpasang.

"Kalau mau kasih kebijakan itu yang jelas Pak. Kadang instruksi pimpinan itu tidak segampang implementasi di lapangan. Jangan main stop kendaraan seenaknya, kalau nanti ketabrak, saya juga disalahkan," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X