Pesan Habibie ke Yenny Wahid: Terus Berjuang Untuk Toleransi
(photo/ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
News

Pesan Habibie ke Yenny Wahid: Terus Berjuang Untuk Toleransi

Kamis, 12 September 2019 19:17 WIB 12 September 2019, 19:17 WIB

INDOZONE.ID - Putri Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid turut hadir di pemakaman BJ Habibie siang tadi. Kenang Habibie, Yenny mengatakan bahwa Habibie selalu berpesan agar berjuang untuk toleransi.

Dalam kesempatan tersebut, Yenny mengatakan bahwa Habibie memiliki kesamaan karakter dengan ayahnya.

"Beliau punya nilai yang sama dengan Gus Dur, yaitu beliau sama-sama demokrat, sama-sama orang yang memegang teguh komitmen untuk menjaga demokrasi di Indonesia, kebebasan berpendapat, lalu kebebasan berserikat, lalu mengedepankan dialog, pendekatan dialog, dan lain sebagainya," kata Yenny Wahid di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Dia mengatakan, Habibie dan Gud Dur adalah figur yang memiliki keteguhan dalam menjaga demokrasi.

Menurutnya, Habibie memandang berbagai perbedaan sebagai suatu hal yang akan menguatkan sebuah bangsa.

"Beliau orang yang menghormati hak-hak masyarakat sipil. Ini semua sama ciri-cirinya. Beliau juga orang yang sangat hormat atau percaya bahwa kekuatan sebuah bangsa itu adalah ketika perbedaan itu justru bisa menjadi kekuatan," sambungnya.

Yenny kemudian mengenang pertemuan terakhirnya dengan BJ Habibie. Banyak yang disampaikan Habibie padanya, mulai dari demokrasi hingga toleransi.

"Jadi beliau pesan kepada kami terakhir kami ngobrol panjang dengan beliau sekitar bulan Juli lalu adalah bahwa terus berjuang untuk demokrasi, terus berjuang untuk kebinekaan, terus berjuang untuk toleransi dan berkontribusi secara positif bagi bangsa dan negara," ucap Yenny.

Lebih lanjut katanya, Habibie merupakan sosok presiden yang membuka ruang demokrasi bagi masyarakat Indonesia. Dia mengatakan Habibie adalah pribadi yang polos dan penuh dengan cinta.

"Beliau memberikan ruang kebebasan berpendapat ketika menjadi presiden dan beliau membuka ruang demokrasi seluas-luasnya juga," tuturnya.

"Pak Habibie itu pribadi yang sangat polos, hidupnya penuh cinta, kepergiannya pun diantar dengan cinta," imbuh Yenny.

Yenny berharap di masa yang akan datang muncul figur Habibie baru.

TAG
Victor Median
Victor Median

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU