Kebakaran Pipa Pertamina, KCIC: Kami Tanggung Jawab!

- Kamis, 24 Oktober 2019 | 08:44 WIB
Foto udara kebakaran pipa minyak milik PT Pertamina di Melong, Cimahi, Jawa Barat. (Antara/Raisan Al Farisi)
Foto udara kebakaran pipa minyak milik PT Pertamina di Melong, Cimahi, Jawa Barat. (Antara/Raisan Al Farisi)

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengaku bertanggung jawab atas kejadian kebakaran pipa penyalur BBM Pertamina di pinggir ruas jalan tol Purbaleunyi, KM130 Cimahi yang berlangsung sekitar pukul 13.30 hingga pukul 17.25 WIB pada Selasa (22/10). 

"Kami akan bertanggungjawab terhadap kerusakan yang terjadi dan bekerja sama bersama segenap pihak yang berwajib untuk memulihkan keadaan segera dan memastikan kondisi di lapangan tidak terganggu,” kata Direktur Utama PT KCIC Chandra Dwiputra, Rabu (23/10). 

Chandra juga menyampaikan kebakaran yang terjadi pada pipa penyalur BBM Pertamina itu terjadi pada lokasi proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB). 

“PT KCIC mohon maaf kepada PT Pertamina dan masyarakat atas insiden yang terjadi," tuturnya. 

PT KCIC  juga menyampaikan bahwa terlepas dari insiden ini, pengerjaan proyek KCJB akan tetap berlanjut pada titik lainnya di sepanjang trase Jakarta-Bandung melalui peningkatan koordinasi dengan pihak-pihak yang berkepentingan dalam pelaksanaan proyek.  

"Terkait kejadian ini, kami akan melakukan evaluasi secara menyeluruh untuk memperbaiki seluruh sistem dan metode kerja dalam proses pembangunan proyek KCJB serta peningkatan pengawasan pada proses konstruksi terutama dari aspek safety," tuturnya. 

Chandra juga mengaku bahwa pihaknya tetap dan selalu berkoordinasi dengan Pertamina terkait dengan penanggulangan akibat kejadian ini.

Hal tersebut untuk memastikan keamanan, PT KCIC juga terus melakukan pemantauan kondisi di lapangan dan menerapkan perimeter pengamanan di lokasi kejadian.

Sebagai informasi, sesuai jadwal pekerjaan Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung, sebagian jalur pipa Pertamina di sebelah utara sepanjang jalan tol Cipularang ini telah siap untuk dipindahkan ke jalur pipa baru.

Terkait hal tersebut akan segera dilaksanakan dengan koordinasi bersama antara PT KCIC dan Pertamina dan untuk pelaksanaannya akan dilakukan di akhir Oktober 2019. (SN)

Artikel Menarik Lainnya:

Bikin Jantung Copot, Ini Jembatan Ekstrem di Sumatera Utara

Ini PR untuk Burhanuddin, dari Eksekusi Mati Sampai Kasus Mangkrak

PKS Soroti Nadiem Jadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X