8 Potret Miris Transformasi Sejumlah Wilayah Akibat Perubahan Iklim

- Selasa, 14 Januari 2020 | 10:34 WIB
Kiri: Potret gletser sebelum dan sesudah terjadi perubahan iklim (USGS/Exclusivepix Media/EAST NEWS). Kanan: Danau Urmia sebelum dan sesudah perubahan iklim (Ali Entezari/Amir Sadeghi/Wikimedia Commons)
Kiri: Potret gletser sebelum dan sesudah terjadi perubahan iklim (USGS/Exclusivepix Media/EAST NEWS). Kanan: Danau Urmia sebelum dan sesudah perubahan iklim (Ali Entezari/Amir Sadeghi/Wikimedia Commons)

Sama halnya seperti manusia, yang seiring dengan berjalannya waktu mengalami perubahan, alam pun juga berubah. Seperti yang kita lihat belakangan ini banyak sekali perubahan dan kejadian alam terjadi.

Sebut saja kebakaran hutan di Australia yang menghanguskan lebih dari 10 juta hektar lahan. Tak hanya itu, kebakaran hutan di Australia ini juga membuat hampir lebih dari setengah miliar hewan mati.

Selain itu, ada banyak sekali kejadian alam yang terus mengalami perubahan setiap waktunya. Sayangnya, perubahan itu bukannya ke arah yang lebih baik, melainkan lebih buruk. Kejadian ini disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari perubahan iklim hingga ulah tangan manusia yang tak menjaga kelestarian lingkungan.

Melansir dari Brightside, berikut ini transformasi alam sebelum dan sesudah mengalami perubahan iklim. Potretnya bikin miris!

1. Luapan air sungai Mississippi merendam hampir seluruh kota di AS

-
Atas: Kota sebelum terjadi banjir (Quadcities2012/Wikimedia Commons) Bawah: Luapan air sungai merendam hampir seluruh kota (Quad City Times/Associated Press/East News)

2. 100 tahun yang lalu, gletser pedersen masih berbentuk lautan es. Tapi kini, es mencair dan berubah jadi padang rumput hijau

-
Atas: gletser pedersan yang masih banyak es. Bawah: Gletser yang sudah mencair (Science Photo Library/EAST NEWS)

3. 10 tahun berlalu, hutan Kathar kini hanya tersisa sedikit lahan hijau

-
Atas: Hitan Kathar yang masih hijau. Bawah: Hutan Khatar yang lahan hijaunya tersisa sedikit (instagram/@wwfpak)

4. Begini potret miris gletser Okjokull Islandia yang menyisakan sedikit bongkahan es

-
Kiri: Gletse Okjokull sebelum terjadi perubahan iklim. Kanan: Gletser yang menghilang karena perubahan iklim (NASA Earth Observatory)

5. 89% karang di Great Barrier Reef mati akibat perubahan iklim yang begitu dahsyat

-
Atas: Penampakan karang yang masih bagus (Ryan McMinds/flickr). Bawah: Karang yang sudah hancur karena perubahan iklim (Coral Reef Studies)

6. Dulu yang terlihat hanya hamparan es, namun kini es telah mencair keseluruhan dan berubah jadi danau

-
Atas: Potret hamparan es. Bawah: Potret hamparan es yang sudah mencair (USGS/Exclusivepix Media/EAST NEWS)

7. Bendungan Theewaterskloof di Afrika kini berubah jadi hamparan tanah yang sangat gersang

-
Atas: Bendungan Theewaterskloof masih memiliki banyak air (Olga Ernst/Wikimedia Commons) Bawah: Bendungan Theewaterskloof yang berubah jadi lahan gersang (Werner Bayer/flickr)

8. Dulu, danau Urmia menjadi obyek wisata yang banyak dikunjungi orang. Tapi kini air danau telah berubah jadi merah dan mulai mengering 

-
Atas: Danau Urmia saat jadi obyek wisata (Ali Entezari/Wikimedia Commons). Bawah: Air danau Urmia memerah dan hampir kering (Amir Sadeghi/Wikimeid Commons)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X