Tips Gelar Pesta Pernikahan Low Budget, Nggak Sampai Rp25 Juta!

- Rabu, 25 September 2019 | 11:39 WIB
photo/Twitter/rizaasz
photo/Twitter/rizaasz

Biasanya menjelang hari pernikahan, pasangan calon pengantin pasti akan sibuk mengurus ini dan itu, mulai dari pakaian, catering, undangan, dekorasi, hingga segala macam perintilan dari pihak keluarga maupun sanak saudara. Belum lagi, semuanya itu harus disesuaikan dengan budget pernikahan yang sudah disiapkan oleh si calon pengantin. Kalau makin banyak pengeluaran, budget-nya juga makin nambah.

Karena itu pula, banyak pasangan yang menghabiskan biaya tidak sedikit untuk menggelar pesta pernikahan impian. Wajar memang, toh semua orang pasti ingin momen penting dan bersejarah dalam hidupnya itu tidak mengecewakan.

Tapi, untuk mewujudkan itu semua tidak melulu harus mengeluarkan biaya banyak. Sebagian pasangan justru memilih konsep pesta pernikahan low-budget tapi tidak murahan. Seperti halnya pasangan asal Yogyakarta ini, mereka menggelar pesta pernikahan dengan budget kurang dari Rp25 juta.

Melalui akun Twitter @rizaasz, Sabtu (21/9), Riza menceritakan pernikahannya dengan sang kekasih hanya menghabiskan biaya kurang dari Rp25 juta. Mereka melangsungkan resepsi pernikahan pada 22 September 2018 lalu di Yogyakarta.

Dalam cuitannya itu, Riza menuliskan rincian detail tentang pesta pernikahan low-budget versi dirinya dan pasangan.

"My boyfriend dan aku tuh taun kemaren memutuskan menikah. Selain yang penting sah, kami juga pengen banget bikin selebrasi ngundang temen deket tanpa family dengan budget seadanya. So, here it is, mini-resepsi ala ala ga sampe 25 jt di jogja," tulis Riza membuka thread-nya.

Sebelumnya, Riza dan pasangan melangsungkan akad nikah dan acara khusus keluarga. Mereka kemudian meminta izin kepada pihak keluarga untuk membuat acara terpisah untuk teman-teman terdekat mereka. Keduanya pun mulai mengurus apa saja yang dibutuhkan untuk membuat mini resepsi seperti yang diinginkan. Berikut rinciannya:

1. Tanggal Acara

Riza mengaku baru memutuskan untuk membuat selebrasi sekitar dua minggu sebelum akad nikah dan sepakat menyelenggarakan selebrasi pada 22 September. Menentukan tanggal acara menjadi hal penting, supaya bisa mencari vendor pernikahan mana yang cocok. Riza sendiri mengaku kesulitan mencari vendor, apalagi dalam waktu tinggal sebulan lagi menjelang acara.

"Cari vendor di H-sebulan tuh suseh, jadi plis kalo bikin acara jangan dadakan," tulis Riza.

2. Konsep Acara dan Budget

-
photo/Twitter/rizaasz

Sejak awal, Riza dan suaminya memang punya cita-cita untuk menggelar pesta pernikahan dengan konsep 'garden party' dan 'kids friendly', khusus mengundang teman-teman terdekat. Mereka juga tidak mau ribet dengan segala macam konsep acara pernikahan pada umumnya dan memilih tidak menggunakan pelaminan.

"Meskipun konsep ndakik-ndakik, budget kami ditekan banget agar tetap realistis dan hbs nikahan bisa hidup. Kami ikhlas di angka 25jt. Dengan duit segitu risetlah kami ke semua wedding package/pax yg ditawarkan resto dan hotel," lanjutnya.

3. Daftar Undangan

-
photo/Twitter/rizaasz

Lanjut soal daftar undangan yang akan disebar. Riza sendiri sudah tau harus menghadirkan berapa orang di resepsi pernikahannya sebelum mantap memilih vendor pernikahan.

"Karena maunya kecil aja, maka kami list kurang lebih 150 orang aja. Iya, dikit sih tapi that was meaningful for both of us. Meskipun ada yang ga bisa datang dan ke-skip," tulisnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X