Amerika Berencana Menciptakan Matahari Versi Mini

- Minggu, 29 September 2019 | 16:10 WIB
Courtesy of Cary Forest/Reuters/Christian Hartmann
Courtesy of Cary Forest/Reuters/Christian Hartmann

Nggak mau kalah dari China, Amerika Serikat juga berencana akan menciptakan matahari versi mini. Sebelumnya, China sempat mengumumkan rencananya yang akan meluncurkan bulan buatan.

Matahari mini Amerika ini dibuat untuk meneliti pengaruh medan magnet matahari terhadap tata surya. Matahari mini buatan Amerika ini dinamai 'Big Red Ball'. Ukurannya benar-benar sangat kecil jika dibandingkan dengan matahari asli, yaitu hanya tiga meter.

Sebelum mengumumkan rencana pembuatan bulan, China juga pernah mengumumkan membuat matahari buatan. Proyek matahari buatan China yang dinamakan Experimental Advanced Superconducting Tokamak (EAST) ini memiliki tujuan untuk membuat sumber energi yang ramah lingkungan.

Berbentuk Seperti 'Otak Manusia'

-
photo/Jeff Miller

Big Red Ball buatan Amerika ini bentuknya seperti otak manusia. Matahari buatan tersebut juga dilengkapi kabel dan juga besi. Matahari buatan ini akan dibuat seperti bola plasma.

Untuk membuatnya menjadi bola plasma, para peneliti akan memompa gas helium yang merupakan salah satu kandungan gas pada matahari. Kemudian, di bagian tengahnya nanti ada medan magnet.

Plasma dan magnet nantinya akan bekerja setelah bola plasma dialiri listrik. Setelah itu, plasma dan medan magnet akan bekerja seperti matahari sungguhan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X