OJK Pastikan Binomo Situs Investasi Ilegal

- Selasa, 26 November 2019 | 13:39 WIB
Binomo dipastikan investasi bodong dan berstatus ilegal oleh OJK (dok. Binomo).
Binomo dipastikan investasi bodong dan berstatus ilegal oleh OJK (dok. Binomo).

Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memastikan Binomo.com sebagai situs investasi bodong dan ilegal. Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan pun telah mengajukan pemblokiran situs itu kepada Kemenkominfo. 

"Binomo.com telah diajukan pemblokiran oleh Bappebti kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika RI karena dianggap ilegal. Informasi tersebut disampaikan dalam rapat koordinasi Satgas Waspada Investasi," kata Kepala Satgas Waspada Investasi, Tongam Lumban Tobing, kepada Indozone, Selasa (26/11). 

Kemudian, Satgas Waspada Investasi juga telah mengumumkan kepada masyarakat melalui siaran pers tentang status Binomo yang dinyatakan ilegal. 

"Satgas Waspada Investasi mengumumkan kepada masyarakat dalam siaran pers tanggal 3 Juli 2019, dan penyampaian laporan informasi kepada Polri," jelas Tongam. 

Namun, akhir-akhir ini Binomo kembali aktif dengan mengganti domain situsnya menjadi Binomo.org. Bahkan, dalam promonya mereka meng-endorse beberapa youtuber seperti Chanel Angga Chanda dan juga Budi Setiawan. 

Kedua youtuber itu bahkan menyebut mampu menghasilkan US$1000 hanya dengan bermain Binomo saja. 

Meski demikian, Tongam menyebut belum ada masyarakat yang mengadu telah dirugikan Binomo yang sudah dipastikan ilegal hingga saat ini. 

"Hingga saat ini belum ada laporan ke Satgas," pungkas Tongam. 

Sepanjang 2019, Bappebti total telah memblokir 199 domain situs entitas ilegal. Berbagai entitas itu pada umumnya menawarkan investasi berkedok forex dengan menjanjikan keuntungan tetap, atau fixed income di luar kewajaran dalam bentuk paket-paket investasi. Misalnya, Paket Silver, Gold, Platinum dan sebagainya untuk menarik calon korban.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X