Kemenperin Janji Pemerintah Gunakan Produk Dalam Negeri

- Sabtu, 23 November 2019 | 11:32 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. (Kemenperin)
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. (Kemenperin)

Pemerintah terus melakukan upaya peningkatan daya saing industri nasional dengan pengoptimalan Program Peningkatan Produksi Dalam Negeri (P3DN). 

Program P3DN ini, mendorong instansi pemerintah agar mengoptimalkan penggunaan hasil produksi dalam negeri, terutama terkait dengan kegiatan pengadaan barang/jasa yang dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)/Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita meminta, masyarakat juga mendukung program pemerintah dengan lebih menggunakan produk dalam negeri dibandingkan produk impor. 

"Jadi, kami ingin menciptakan suatu kondisi di mana industri dalam negeri bisa merasa nyaman di rumahnya sendiri. Salah satu upaya yang perlu dijalankan saat ini adalah mengoptimalkan program P3DN," ujarnya dalam keteranganya, Sabtu (23/11).

Ia menegaskan, pemerintah berkomitmen membangun industri manufaktur yang berdaya saing global melalui percepatan implementasi Industri 4.0. Salah satunya, tengah mengupayakan penguatan SDM melalui program pendidikan dan pelatihan vokasi industri.

"Ini sangat penting guna memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang terampil dan kompeten sesuai kebutuhan industri," katanya. 

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X