Puan Maharani: Pemerintah Wajib Tingkatkan Kesejahteraan Guru

- Senin, 25 November 2019 | 16:38 WIB
Istimewa
Istimewa

Ketua DPR Puan Maharani mengatakan pemerintah wajib meningkatkan kesejahteraan serta kapasitas dan kompetensi guru. Hal itu dikarenakan guru merupakan ujung tombak pembangunan sumber daya manusia yang menjadi fokus program pemerintah periode 2019-2024.

"Guru adalah pondasi pondasi pembangunan sumber daya manusia. Profesi guru merupakan pekerjaan yang memiliki peran yang besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa," ujar Puan.

Menurut Puan, beban para guru dalam mengajar dan tugas-tugas lainnya belum sebanding dengan kesejahteraan hidup mereka.

Ia mencontohkan masih banyak guru yang harus berjuang dengan penghasilan yang rendah dan status honorer di berbagai daerah. Karena itu, Puan mendorong pemerintah agar segera mengangkat guru honorer yang dinyatakan lolos sebagai pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja.

Soal pengangkatan ini sudah pernah dibahas dalam rapat kerja Komisi II bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Namun, BKN masih terkendala dengan aturan untuk melaksanakan hal tersebut. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sebagai pembuat aturan belum mengeluarkan keputusan

"Karena itu, DPR mendorong pemerintah agar segera mengeluarkan aturan tentang pengangkatan guru honorer yang lolos sebagai pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja pada Februari 2019," ujar Puan.

Puan juga berharap agar para guru mengembangkan metode belajar yang kreatif dan interaktif.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X