Cerita Risma Mulai Ditawari Menteri Hingga Menolak 2 Kali
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menolak jadi Menteri Jokowi. (Antara/Moch Asim)
News

Cerita Risma Mulai Ditawari Menteri Hingga Menolak 2 Kali

Semua demi Surabaya.

Rabu, 23 Oktober 2019 16:43 WIB 23 Oktober 2019, 16:43 WIB

INDOZONE.ID - Nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sempat digadang-gadang masuk dalam Kabinet Indonesia Maju Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin. Namun, saat Jokowi mengumumkan nama menterinya, tak ada nama perempuan yang akrab disapa Risma. 

Politisi PDI Perjuangan itu mengungkapkan, tawaran menjadi menteri memang sempat diterimanya. Tawaran itu datang dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pada September 2019.

Saat itu, dia sudah menyatakan penolakan. Namun, Megawati meminta Risma untuk tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan.

"Nanti jawabnya awal Oktober saja ya Mbak," ujar Risma menirukan ucapan Megawati kala itu.

Selang beberapa lama, Risma kembali ditanya soal kesiapan untuk menjadi Menteri Jokowi. Kali ini yang menghubunginya adalah Ketua DPR RI Puan Maharani yang tak lain putri dari Megawati.

Jawaban Risma tetap sama. Dia menolak karena ingin menyelesaikan tugasnya di Surabaya sebagai Wali Kota.

"Saya ingin selesaikan (tugas) di Surabaya. Saya mengucapkan terima kasih atas semua support, tetapi saya harus menjaga Surabaya ini," tutur Risma.

Wanita kelahiran 20 November 1961 ini akan mengakhiri masa jabatannya pada 2020. Setelah itu, Risma diprediksi sejumlah pihak maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2022. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU