Ini Citra Satelit Galangan Kapal Induk Baru Milik Tiongkok

- Kamis, 17 Oktober 2019 | 16:53 WIB
Citra satelit galangan kapal induk Tiongkok di Jiangnan. (CSIS/ChinaPower/Maxar Technologies and Airbus 2019/handout via Reuters)
Citra satelit galangan kapal induk Tiongkok di Jiangnan. (CSIS/ChinaPower/Maxar Technologies and Airbus 2019/handout via Reuters)

Tiongkok menunjukkan progres program pembangunan kapal induk untuk mengangkut pesawat tempur dan helikopter. Dilansir Reuters Kamis (17/10), citra satelit beresolusi tinggi mengungkapkan perkembangan pembuatan kapal induk dan kapal besar lainnya. 

Lokasi yang diduga sebagai galangan kapal tersebut berada di kawasan Jiangnan yang berada di luar Shanghai. Gambar satelit ini diperoleh Reuters dari Pusat Studi Startegis Internasional (CSIS). 

Kondisi lokasi yang diduga sebagai galangan kapal tersebut memiliki lahan yang luas di muara Sungai Yangtze, panjangnya hampir mencapai 1 kilometer. Analis CSIS mengungkapkan, sejumlah rangkaian bagian pra-fabrikasi, sekat dan komponen (pembuatan kapal) ditumpuk di lokasi. 

"Lambung kapal harus selesai dalam waktu 12 bulan kedepan. Kita bisa melihat kemajuan lambat tapi stabil di lambung kapal, tapi saya pikir hal yang sangat mengejutkan yang ditunjukkan gambar ini adalah penumpukan infrastruktur luas yang telah berjalan secara bersamaan," kata analis CSIS Matthew Funaiole.

-
(CSIS/ChinaPower/Maxar Technologies and Airbus 2019/handout via Reuters)

 

Matthew mengatakan, dari luas lahan dan material yang ditumpuk di lokasi, diduga galangan kapal ini bukan hanya untuk satu kapal induk. Melainkan lokasi khusus untuk menyimpan kapal induk dan kapal besar lainnya. Institut Internasional untuk Studi Strategis yang berbasis di London mencatat, tahun ini galangan kapal militer Tiongkok semakin berfokus pada kapal perang permukaan yang lebih besar.

Sementara itu, analis militer yang berbasis di  S. Rajaratnam School of International Studies Singapura Collin Koh mengatakan, fasilitas modern yang dibangun khusus di pulau berpenduduk jarang di tepi Sungai Yangtze, memberikan unsur keamanan dan rahasia, dibanding galangan kapal Dalian di utara Tiongkok. 

-
(CSIS/ChinaPower/Maxar Technologies and Airbus 2019/handout via Reuters)

 

"Ini diharapkan menjadi kapal induk pertama Tiongkok dengan sistem peluncuran datar dan katapel, sehingga memungkinkan untuk mengangkut pesawat dalam jumlah lebih banyak, lengkap dengan persenjataannya. Kapal induk sebelumnya hanya mampu membawa 25 pesawat dan diluncurkan dari peluncur landai," jelas Koh. 

Kapal induk yang dimaksud adalah dua kapal induk yang diberi kode Tipe 001. Sementara kapal induk ketiga, seperti diakui oleh Tiongkok dan diungkapkan Amerika Serikat, tengah dibangun oleh Tiongkok. Kendati belum dinamakan secara resmi, dispekulasikan kapal induk tersebut akan diberi kode Tipe 002. 

Koh menambahkan, fasilitas galangan kapal baru di Jiangnan ini, mencerminkan ambisi Tiongkok untuk membangun kapal induk dan kapal besar lainnya, guna memperkuat armada Angkatan Laut-nya. 

“Kami berbicara tentang infrastruktur yang dibangun dengan cepat dan dalam skala besar. Ini bisa menjadi awal dari 'pabrik,' jika Anda suka, untuk kapal induk dan kapal besar lainnya," pungkas Koh.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X