Mengenal Juliari Batubara, Kader PDIP yang Jadi Calon Menteri Jokowi
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
News

Mengenal Juliari Batubara, Kader PDIP yang Jadi Calon Menteri Jokowi

Juliari Siap Mundur dari DPR RI Jika Dilantik Menjadi Menteri

Indozone Media
Selasa, 22 Oktober 2019 15:51 WIB 22 Oktober 2019, 15:51 WIB

INDOZONE.ID - Nama Juliari P Batubara bukanlah nama yang sering terdengar di publik. Namun hari ini sosok Juliari tiba-tiba ramai diperbincangkan setelah dirinya datang ke Istana Negara, Jakarta pada Selasa (22/10/2019).

Hadir sekitar pukul 10.04 WIB dengan mengenakan kemeja putih dan celana hitam. Juliari terlihat langsung berjalan ke dalam Istana Negara menyusul dengan dipanggilnya sejumlah tokoh yang diminta menjadi menteri oleh Jokowi.

Lalu siapa Juliari Batubara sebenarnya? Berikut profilnya:

Lulusan Chapman University di California

juliari batu bara lulusan amerika serikat
Instagram @juliaribatubara

Pria kelahiran 22 Juli 1972 ini sempat mengenyam pendidikan di luar negeri selama 6 tahun. Juliari memutuskan untuk mengenyam bangku kuliah di Riverside City College, California, Amerika Serikat di tahun 1991. Pada tahun 1995 dirinya melanjutkan kembali pendidikannya di kota yang sama dengan memilih Chapman University. Di kampus ini Juliari mengambil Bussiness Administration with minor in Finance dan lulus pada tahun 1997.

Bekerja di Perusahaan Keluarga

Juliari Batubara bekerja di perusahaan keluarga
Instagram @juliaribatubara

Setelah menyelesaikan pendidikan di Amerika, Juliari kembali ke tanah air dan bekerja di perusahaan yang didirikan oleh sang ayah pada tahun 1998. Dikutip dari wikidpr.org, Juliari diketahui memang disiapkan untuk meneruskan bisnis keluarga. Meski bekerja di perusahaan sang ayah, Juliari mengaku hanya digaji Rp 1 juta.

"Awalnya saya diajak untuk membesarkan perusahaan keluarga," kata Juliari.

Menjadi Pimpinan Beberapa Perusahaan

Juliari Batubara menjadi pimpinan beberapa perusahaan
Instagram @juliaribatubara

Setelah dipercaya sang ayah untuk memimpin perusahaan swasta pertama dan terbesar yang memproduksi pelumas di tahun 2003, Juliari Batubara juga menjadi pimpinan di beberapa perusahaan. Di antaranya, pada tahun 2005 menjadi Komisaris Utama di PT Tridaya Mandiri, kemudian sempat jadi Direktur Utama di perusahaan PT Wiraswasta Gemilang Indonesia, PT Bwana Energy dan PT Arlinto Perkasa Buana.

Aktif Ikut Berorganisasi

juliari batu bara aktif organisasi
Instagram @juliaribatubara

Juliari pernah menjadi Ketua Harian Asosiasi Produsen Pelumas Indonesia (ASPELINDO), Ketua Biro Promosi & Pemasaran KONI Pusat, Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI), dan Wakil ketua Komite Tetap Akses Informasi Peluang Bisnis-Bidang UMKM KADIN Indonesia dan masih banyak organisasi yang diikutinya. Juliari memang dikenal sebagai orang yang aktif berorganisasi.

Terjun ke Dunia Politik

Juliari Batubara dan Joko Widodo
Instagram @juliaribatubara

Setelah sukses sebagai pengusaha, Juliari ternyata tertarik terjun ke dunia politik. Juliari memilih PDIP untuk memulai kariernya di politik. Mengemban jabatan sebagai Wakil Bendahara Umum PDIP, Juliari juga merupakan anggota DPR RI dan duduk di Komisi XI yang membidangi keuangan dan perbankan.

Banyak rekam jejak yang dilakukan Juliari dalam kerja politik nya seperti menolak RUU Pilkada dan revisi UU MD3 pada 2014. Juliari juga menolak ambil bagian sebagai anggota DPR yang menyetujui paket pimpinan DPR 2014-2019 (dengan Ketua DPR 2014-2019 terpilih Setya Novanto). Ia menjadi bagian dari pelaku walkout atas proses voting paket pimpinan DPR 2014-2019.

Siap Mundur dari DPR RI Jika Dilantik Jadi Menteri

Juliari Jadi Menteri Jokowi
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Usai bertemu Presiden Jokowi, Wakil Bendahara Umum PDIP ini menyebut pembicaraan dengan Presiden terkait pengentasan kemiskinan dan antisipasi bencana alam.

"Poin penting pada pertemuan tadi khususnya menyangkut program pengentasan kemiskinan, juga bagaimana kita bisa menekan angka kemiskinan dengan program unggulan yang sedang berjalam secra garis besar itu," katanya di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Apabila nanti resmi masuk ke kabinet Menteri Jokowi, Juliari pun menyatakan siap mundur dari parlemen.

"Ya harus mundur dari DPR," ujar Juliari.

Sebelum keluar dari Istana Negara, Juliari sempat mengobrol dengan Mantan Mensos Agus Gumiwang. Dirinya mengaku siap melanjutkan program yang sudah baik.

"Ngobrol sebentar, beberapa program yang berjalan baik tetap kita jalankan dan beberapa yang bisa diperbaiki, perbaiki. Secara detail belum bisa jawab," tandas Juliari.

Politisi PDIP Juliari Batubara tiba di Kompleks Istana Kepresidenan
Politisi PDIP Juliari Batubara tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019). (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
TAG
Indozone Media
Indozone Media

Indozone

Editor
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU