Kemenhub Siapkan Skema Pelarangan Mudik Lebaran 2020

- Senin, 30 Maret 2020 | 09:58 WIB
Ilustrasi mudik Lebaran (ANTARA FOTO/Ardiansyah).
Ilustrasi mudik Lebaran (ANTARA FOTO/Ardiansyah).

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi, membantah pemberitaan yang menyebut pihaknya mempersiapkan skenario karantina wilayah (lockdown) untuk Jabodetabek. Dia mengaku keputusan lockdown akan dibahas di Kemenko Maritim dan Investasi (Kemenko Marves), Senin (30/3/2020).

"Untuk lockdown itu bukan kewenangan saya, apalagi menyangkut masalah karantina, itu bukan kewenangan saya," kata Budi kepada Indozone, Senin (30/3/2020). 

Dia mengatakan tengah mempersiapkan skenario pelarangan mudik, jika jadi diberlakukan pada Lebaran 2020.

"Jangan bicara lockdown dong, saya tidak pernah bicara lockdown. Saya cuma bicara begini, itu saya akan melakukan rapat koordinasi, mungkin nanti di bawah koordinasi Pak Luhut (Plt Menhub). Kita akan melakukan pelarangan, mungkin masih imbauan atau pelarangan untuk orang mudik," jelasnya. 

Skema pengalihan arus lalu lintas pun disiapkan terkait wacana pelarangan mudik. Budi mengatakan bakal berkoordinasi dengan pihak kepolisian. 

"Rencana kebijakannya, kalau mungkin nanti kita akan ada pelarangan untuk yang mudik, berarti saya akan ada nutup (jalan) di sejumlah titik. Akan tetapi, itu nanti Polda Metro yang melakukan (penutupan)," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X