Kemenhub Siapkan Skema Pelarangan Mudik Lebaran 2020
Ilustrasi mudik Lebaran (ANTARA FOTO/Ardiansyah).
News

Kemenhub Siapkan Skema Pelarangan Mudik Lebaran 2020

Diterapkan jika jadi.

Senin, 30 Maret 2020 09:58 WIB 30 Maret 2020, 09:58 WIB

INDOZONE.ID - Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi, membantah pemberitaan yang menyebut pihaknya mempersiapkan skenario karantina wilayah (lockdown) untuk Jabodetabek. Dia mengaku keputusan lockdown akan dibahas di Kemenko Maritim dan Investasi (Kemenko Marves), Senin (30/3/2020).

"Untuk lockdown itu bukan kewenangan saya, apalagi menyangkut masalah karantina, itu bukan kewenangan saya," kata Budi kepada Indozone, Senin (30/3/2020). 

Dia mengatakan tengah mempersiapkan skenario pelarangan mudik, jika jadi diberlakukan pada Lebaran 2020.

"Jangan bicara lockdown dong, saya tidak pernah bicara lockdown. Saya cuma bicara begini, itu saya akan melakukan rapat koordinasi, mungkin nanti di bawah koordinasi Pak Luhut (Plt Menhub). Kita akan melakukan pelarangan, mungkin masih imbauan atau pelarangan untuk orang mudik," jelasnya. 

Skema pengalihan arus lalu lintas pun disiapkan terkait wacana pelarangan mudik. Budi mengatakan bakal berkoordinasi dengan pihak kepolisian. 

"Rencana kebijakannya, kalau mungkin nanti kita akan ada pelarangan untuk yang mudik, berarti saya akan ada nutup (jalan) di sejumlah titik. Akan tetapi, itu nanti Polda Metro yang melakukan (penutupan)," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah
Ivanrida
Sigit Nugroho
Ivanrida

Ivanrida

Writer
Sigit Nugroho

Sigit Nugroho

Reporter
JOIN US