Luhut Binsar Gantikan Edhy Prabowo, 2 Kali Jadi Menteri Ad Interim, Netizen: Lord Luhut

- Kamis, 26 November 2020 | 09:06 WIB
Luhut Binsar Panjaitan (Instagram/luhut.pandjaitan)
Luhut Binsar Panjaitan (Instagram/luhut.pandjaitan)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) ad interim menggantikan Edhy Prabowo.

Seperti diketahui, Edhy Prabowo telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK terkait kasus suap izin ekspor benih lobster.

Penunjukan Luhut sebagai Menteri KP ad interim tersebut berdasarkan surat yang diteken Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Rabu (25/11).

"Menko telah menerima surat dari Mensesneg yang menyampaikan bahwa berkaitan dengan proses pemeriksaan oleh KPK terhadap Menteri KP, maka Presiden menunjuk Menko Maritim dan Investasi sebagai Menteri KP ad interim," kata Juru Bicara Menko Maritim dan Investasi Jodi Mahardi, Kamis (26/11/2020).

Baca juga: Luhut Binsar Pandjaitan Kini Jadi Menteri Kelautan dan Perikanan Menggantikan Edhy Prabowo

Bukan kali pertama Luhut Binsar rangkap jabatan sebagai Menko dan juga menteri ad interim. Pada bulan Maret silam, Luhut juga ditunjuk Jokowi menjadi Menhub ad interim menggantikan Budi Karya Sumadi yang dirawat usai positif Covid-19.

Penunjukan Luhut yang berkali-kali mengemban jabatan menteri ad interim ini membuat namanya menjadi trending topic di Twitter, Kamis (26/11/2020).

Netizen "menyindir" Luhut sebagai menteri segala urusan karena kerap rangkap jabatan dan sering muncul di bidang yang tidak berkaitan dengan tugas dan fungsinya.

"Lord Luhut is back," kata @lucasu_san.

"Lord Luhut is the one and only multitalented person of the year, ministry of everythings," kata @inibirokrat.

"Tony stark only can be iron  man but Lord Luhut can be minister of everything," tulis @al_iqsn.

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan OTT terhadap 17 orang termasuk Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo KPK Edhy Prabowo dan istrinya Iis Rosita Dewi terkait dugaan kasus korupsi penetapan calon eksportir benih lobster.

OTT itu dilakukan Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 00.30 WIB, saat rombongan kembali dari Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat.

Halaman:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X