Instagram Official Paus Fransiskus 'Like' Model asal Brazil, Vatikan Lakukan Investigasi

- Senin, 30 November 2020 | 20:55 WIB
Paus Fransiskus. (REUTERS/Guglielmo Mangiapane).
Paus Fransiskus. (REUTERS/Guglielmo Mangiapane).

Vatikan memberikan pernyataan setelah akun Instagram resmi Paus Fransikus memberikan 'like' terhadap foto seorang model asal Brazil. Pihak Vatikan dengan tegas mengatakan Paus tak ada hubungannya serta akan melakukan penyelidikan terkait hal tersebut.

"Kami dapat mengecualikan bahwa 'like' itu berasal dari (akun) Tahta Suci," kata seorang juru bicara Vatikan kepada The Guardian.

Melansir Insider, Kantor Berita Katolik juga melaporkan bahwa akun media sosial Paus dikelola oleh banyak karyawan. Pihak Vatikan pun telah meluncurkan penyelidikan internal untuk mencari tahu apa yang terjadi.

Kejadian bermula ketika seorang model asal Brazil bernama Natalia Garibotto mengunggah foto seksinya menggunakan seragam sekolah. Sosoknya memang dikenal suka meunggah foto seksi di akun Instagram yang followernya sampai 2,6 juta tersebut.

Baca Juga: Paus Fransiskus Ungkap Keprihatinan kepada Muslim Uighur yang Disebut Dianiaya di Tiongkok

Pada 13 November, Garibotto me-retweet tangkapan layar Barstool Sports dari postingannya, yang menunjukkan bahwa akun Instagram Paus telah memberi 'like' kepada foto tersebut. 

Unggahan ini pun beredar di media sosial dan menjadi bahan perbincangan. Sang model pun menambahkan pada retweetnya dengan kata-kata guyonan. 

"Setidaknya aku akan ke surga," cuitnya.

Untuk sekedar diketahui, meskipun Paus memiliki akun di semua platform media sosial utama, namun sosok pemimpin Gereja Katolik ini dalam beberapa tahun terakhir mengkritik budaya media sosial.

Dalam pemberkatan Juni 2019 di Basilika Santo Petrus, Paus Fransiskus sempat mengeluarkan pandangannya terkait media sosial.

"Semakin banyak kita menggunakan media sosial, semakin kurang sosial kita," ucapnya.

Meski masih belum jelas siapa yang menyukai foto Instagram Garibotto, Vatikan sudah tidak asing lagi bagi para peretas.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X