Viral Ceramah Ustad Abdul Aziz, Sebut Bikin Tumpeng Otomatis Beragama Hindu

- Senin, 30 November 2020 | 15:28 WIB
Ceramah Ustad Abdul Aziz soal tumpeng (Twitter/@HafidzAlattas)
Ceramah Ustad Abdul Aziz soal tumpeng (Twitter/@HafidzAlattas)

Belakangan ini tengah viral ceramah dari seorang ustadz bernama Abdul Aziz yang mengharamkan tumpeng berbentuk segitiga.

Menurut mantan pendeta dari agama Hindu ini, tumpeng merupakan simbolisasi dari agama Hindu. Dalam ceramahnya yang diunggah oleh akun Twitter @HafidzAlattas, Ustad Abdul Aziz mengatakan orang yang membuat tumpeng, maka otomatis masuk ke dalam agama Hindu.

"Konsep di dalam agama Hindu katra Sudra yang tidak bisa membaca kalimat syahadat Om Swastiastu  Om Awighnamastu, Ekam Evam Adwityam Brahman. Sulit nggak syahadatnya itu?" tanya pria mualaf ini kepada jemaahnya.

Dia kemudian menyebut bahwa bentuk segitiga tumpeng dalam Hindu maksudnya adalah Trimurti, manifestasi Dewa Brahma, Siwa dan Wisnu.

"Maka di dalam Manawa Dharmasastra Weda Smerti, dikatakan cukup bikin tumpeng. Bentuknya segitiga yang dimaksud di sini adalah trimurti, tiga manifestasi Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Dewa Brahma, Wisnu dan Dewa Siwa," kata sang ustadz.

Ustadz tersebut juga mengatakan, barang siapa yang membuat tumpeng, maka artinya ia sudah berkeyakinan Hindu.

Baca juga: Nasi Tumpeng Hidangan dengan Makna Filosofis

"Umat Hindu mengatakan barangsiapa yang sudah bikin tumpeng, berarti dia sudah beragama Hindu," lanjutnya lagi.

Lalu, apa kaitannya dengan umat Islam?

"Rasul SAW bersabda barang siapa menyerupai suatu kaum maka dia termasuk dalam golongan itu,” tambahnya.

Di akhir kata, Ustadz Abdul berpesan untuk mengubah bentuk tumpeng seperti diratakan saja dan bisa diletakkan di piring atau di kotak makan.

Tidak diketahui kapan dan dimana video ceramah ini direkam, namun sejak viral ceramah Ustad Abdul Aziz menuai banyak kritik dari netizen.

Halaman:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X