Mengejutkan! Atlet Voli Aprilia Manganang Ternyata Pria, Terungkap usai Direkrut TNI AD

- Selasa, 9 Maret 2021 | 20:45 WIB
Aprilia Manganang (ANTARANEWS)
Aprilia Manganang (ANTARANEWS)

Mantan atlet voli putri nasional Aprilia Manganang (28) berjenis kelamin laki-laki. Hal itu terungkap dari pemeriksaan tim medis dari RSPAD Gatot Subroto pada Rabu (3/2/2021) lalu.

Seperti dikehui, Aprilia kini bergabung dengan TNI AD dengan pangkat Serda. Aprilia pun ditugaskan di daerah Ambon.

Menurut Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Andika Perkasa, terjadi kesalahan diagnosa terhadap jenis kelamin Aprila. Sejak lahir, dia telah mengalami kelainan Hipospadia.

Andika mengatakan, sebelumnya sempat tersiar kabar bahwa Aprilia merupakan seorang pria. Hal itu didukung dengan kondisi fisik Aprilia yang tak seperti wanita pada umumnya. 

"Sersan Aprilia ini diklaim sebagai seorang wanita tapi fisiknya tidak seperti wanita lain," kata Andika saat menggelar konferensi pers, Selasa (9/3/2021).

Andika menjelaskan, petugas medis telah memeriksa rekam jejak kesehatan, hormon serta organ tubuh. Hasilnya, hormon Aprilia cenderung lelaki.

"Dilihat dari urologi, ternyata bahwa Sersan Manganang lebih memiliki organ jenis kelaminan laki-laki. Tak ada organ internal jenis kelamin wanita. Testosteronnya juga diukur sehingga secara faktual dan ilmiah kita yakin Manganang lebih miliki hormonal kategori normal laki-laki," ujar Andika.

Andika mengatakan bakal membantu Aprilia melewati operasi selama dua tahap. Saat ini, Aprilia sudah menjalani sekali operasi.

"Secara umum baik hasilnya," ujar Andika.

Seperti diketahui, Aprilia Manganang merupakan mantan atlet voli berprestasi. Karena itu, dia direkrut masuk TNI AD melalui penerimaan khusus pada 2016 lalu. Namun karena jalur khusus itu, dia sebelumnya tidak melalui pemeriksaan tubuh secara ketat.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X