Tahap Pertama New Normal, Masjid akan Dibuka untuk Salat Saja

- Kamis, 28 Mei 2020 | 09:52 WIB
Umat muslim melaksanakan shalat Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah di Masjid Besar Al Hidayah, Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)
Umat muslim melaksanakan shalat Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah di Masjid Besar Al Hidayah, Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Seiring dengan penerapan kehidupan normal baru atau new normal, pemerintah akan kembali membuka rumah ibadah.

Fachrul Razi selaku Menteri Agama mengatakan, di tahap pertama, masjid hanya akan dibuka untuk pelaksanaan salat saja.

"Tahap pertama kami sepakat itu hanya untuk ibadah salat saja dan usahakan sesingkat mungkin," ujar Fachrul Razi dalam video conference usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo, Rabu (27/5/2020).

Sedangkan untuk kegiatan lain seperti ceramah dan kuliah tujuh menit (kultum) di masjid, akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Jika keadaan membaik kata Fachrul, maka kemungkinan akan ada kegiatan ceramah dan kultum, dengan mengantongi izin dari camat.

-
Umat Islam melaksanakan shalat zuhur di Masjid Raya Batam, Kepulauan Riau. (ANTARA FOTO/M N Kanwa)

"Masalah edukasi, katakanlah ceramah kultum di rumah ibadah, termasuk penjelasan Covid-19 ada tahapnya," ungkapnya.

"Kalau keadaan lebih baik, mungkin bisa diizinkan camat untuk ada kultum. Tetapi kembali sesuai situasi," sambungnya.

Izin pembukaan rumah ibadah itu nantinya akan disesuaikan dengan tingkatan level daerah. Misalnya, jika rumah ibadah ada di desa, maka izinnya harus kepada camat setempat.

Fahcrul menambahkan, pembukaan aktivitas di rumah ibadah akan dievaluasi setiap bulannya. Jika kasus corona meningkat, maka ada kemungkinan rumah ibadah akan ditutup kembali.

"Bisa saja bulan ini diizinkan, bulan depan tidak lagi karena penularan meningkat. atau bulan ini enggak dapat izin, bulan depan dapat setelah penularan menurun," jelasnya.

Ia menuturkan, pihaknya akan menyusun aturan tentang revitalisasi fungsi rumah ibadah, di saat penerapan new normal di tengah pandemi corona.

"Rencana kami dalam minggu ini sudah akan kami terbitkan tentang revitalisasi fungsi rumah ibadah pada tatanan normal baru," tuturnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X