The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kasus Covid-19 Masih Tinggi, Puan Minta Pemerintah Evaluasi Strategi Penanganan Pandemi
Ketua Dewan Perwakilan Rakayat Republik Indonesia Puan Maharani (Foto: Antara)
News

Kasus Covid-19 Masih Tinggi, Puan Minta Pemerintah Evaluasi Strategi Penanganan Pandemi

Kamis, 03 Desember 2020 20:01 WIB 03 Desember 2020, 20:01 WIB

INDOZONE.ID - Jumlah penurunan angka kasus Covid-19 hingga saat ini belum sesuai seperti yang diharapkan pemerintah setelah hampir 10 bulan pemerintah mengeluarkan kebijakan terkait penanganan kasus Covid-19.

Bahkan berdasarkan data terbaru, kasus covid-19 tembus mencapai 6.000 kasus pada akhir bulan November.

Hal ini dikatakan Ketua DPR RI Puan Maharani di Jakarta, Kamis (3/12/2020)

Dilansir Antara, menurut Puan, pemerintah harus melakukan evaluasi secara menyeluruh terkait strategi penanganan pandemi untuk menemukan bagian lain yang harus harus dilakukan dalam penangan pandemi ini.

"Selama ini upaya penanggulangan sudah sangat luar biasa, termasuk peran tenaga kesehatan dan masyarakat. Namun pemerintah harus jadi motor penggerak untuk melahirkan usaha yang lebih dari luar biasa," kata Puan, dikutip dari Antara.

Puan juga mengatakan anggaran yang dialokasikan untuk penanganan pandemi sudah cukup besar untuk mengurangi dampak pandemi ini.

Dia menilai "tracing, testing, treatment" (3T) sudah ditingkatkan dan kesadaran masyrakat juga sudah meningkat untuk menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M).

"Namun pemerintah harus menangkap kekahawatiran masyarakat akibat pandemi ini. Terlebih angka penularan dan korban jiwa sangat tinggi, termasuk catatan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang menyebutkan 180 dokter meninggal akibat Covid-19 hingga awal Desember 2020," kata Puan.

Selanjutnya Puan mendorong pemerintah untuk menguatkan pencegahan dari sisi hulu misalnya dengan memperluas bantuan vaksin dan jamu agar kesehatan dan daya imunisasi masyarakat terjaga.

"Langkah itu penting dilakukan sambil menunggu tersedianya vaksin," sebut Puan.

Artikel Menarik Lainnya:

Abul Muamar
Dian Gunawan
JOIN US
JOIN US