Arkeolog Temukan Masjid Tertua di Israel, Diduga Dibangun Sahabat Nabi Muhammad

- Selasa, 26 Januari 2021 | 11:28 WIB
Masjid tertua ditemukan di Israel (Haaretz)
Masjid tertua ditemukan di Israel (Haaretz)

Tim arkeolog berhasil menemukan salah satu masjid tertua di dunia yang berada di Israel. Reruntuhan masjid itu diperkirakan berasal dari periode Kekaisaran Bizantium.

Diduga, masjid itu dibangun oleh seorang sahabat Nabi Muhammad pada awal tahun 635 M. Diperkirakan, sahabat Nabi tersebut adalah Shurahbil bin Hasana, komandan pasukan Muslim yang menaklukkan Levant di abad ke-7.

Levant adalah wilayah di timur Laut Mediterania yang meliputi Lebanon, Suriah, Yordania, Israel, dan Palestina.

Dilansir dari Arab News, masjid kuno ini berada di pinggiran Kota Tiberias di utara Israel. Situs ini mulai digali pada tahun 1950-an dan kala itu pakar menduganya sebagai pasar.

Namun, penggalian berikutnya menemukan tembikar dan koin dari periode awal Islam. Hasil penggalian lebih lanjut menemukan struktur bertingkat yang membuat arkeolog yakin situs ini berasal dari peradaban Islam.

Penggalian ini dipimpin oleh Katia Cytryn-Silverman dari Hebrew University of Jerusalem. Meski begitu, arkeolog masih belum bisa memastikan bahwa Shurahbil yang membangun masjid itu.

“Kami tidak dapat memastikan lebih lanjut bahwa masjid ini didirikan Shurahbil. Tapi kami memiliki sumber yang mengatakan dia mendirikan sebuah masjid di Tiberias ketika dia menaklukkannya pada 635,” kata Cytryn-Silverman.

Shurahbil hidup di masa khalifah Abu Bakar dan Umar bin Khattab dan merupakan salah satu sahabat pertama Nabi Muhammad SAW.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X