Begini Cara Polri Jamin Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi Virus Corona

- Kamis, 25 Juni 2020 | 19:53 WIB
Cara Polri jamin ketahanan pangan di tengah pandemi virus corona. (Istimewa)
Cara Polri jamin ketahanan pangan di tengah pandemi virus corona. (Istimewa)

Dampak dari pandemi virus corona yang berlangsung di Indonesia membuat beberapa daerah harus berpikir ekstra cara menjamin ketahanan pangan di wilayah masing-masing. Polri sendiri memiliki tata cara untuk menjamin ketahanan pangan di beberapa titik wilayah di Indonesia agar tidak terjadi krisis pangan.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan Polri memiliki program ketahanan pangan nasional yang sudah berjalan sejak Maret 2020 lalu. Sebanyak 34 polda dan 500 polres di seluruh wilayah Indonesia memiliki strategi masing-masing dalam rangka menjamin ketahanan pangan ditengah pandemi.

"Ini merupakan bagian dari upaya Polri untuk ikut serta mendukung program ketahanan pangan nasional yang di gagas pemerintah sehingga kebutuhan dasar sehari-hari masyarakat dapat terpenuhi seperti sayur, ikan dan sebagainya," kata Irjen Argo kepada wartawan, Kamis (25/6/2020).

Dari data yang diterima, salah satu contoh tindakan Polri yaitu memanfaatkan lahan tidur untuk ditama sayuran maupun digunakan untuk hal positif lainnya. Salah satunya seperti di wilayah Ciganjur, Jakarta Selatan warga bersama anggota bhabinkamtibmas memanfaatkan lahan kosong untuk dikelola dan ditanami aneka tanaman sayur-sayuran dan sejenisnya baik secara alami maupun hidroponik.

Di wilayah hukum Polres Indramayu, Jawa Barat, warga membudidayakan ikan lele di Kelurahan Kandanghaur. Kegiatan itu dilakukan di atas lahan 30 hektar yang terbagi ke dalam 200 petak dam satu petaknya bisa menghasilkan ikan sebanyak tiga ton.

Kepolisian Polresta Jayapura Kota juha ikut memanfaatkan lahan kosong untuk bercocok tanam sayuran. Di Majalengka, Jawa Barat  seluruh jajaran Polsek membuat inovasi membudidayakan lele dan kangkung dalam ember yang kegiatan itu sudah berjalan sejak Maret lalu. 

Dalam waktu yang tak lama, Kapolres Majalengka AKBP Bismo Teguh bersama Muspika dan tokoh masyarakat setempat mendapat hasilnya dengan panen bersama. Program ini disambut baik masyarakat karena hasil panen tersebut dapat dinikmati secara bersama-sama.

Di lokasi lain yaitu di Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung polisi setempat menyulap lahan tidur seluas dua hektara dengan tanaman singkong dan jagung. Di Polsek Kuta Malaka, Aceh Besar turun kesawah serentak bersama para petani untuk melakukan penanaman bibit padi.  

Kemudian Polres Jakarta Utara juga menggelar kegiatan bertajuk 'Polri Siap Meningkatkan Ketahanan Pangan'. Kegiatan itu berupa tanam padi di sawah yang saat ini sudah memasuki musim tanam.

Masih banyak pula wilayah-wilayah lain yang menjamin ketahanan pokok agar tidak terjadi krisis pangan selama pandemi virus corona ini berlangsung. Kegiatan itu pun akan terus dilakukan oleh jajaran Polri diseluruh daerah di Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X