The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pasien COVID-19 yang Dirawat Alm dr Andhika Kesuma: Engkau Beri Semangat Padaku
dr Andhika Kesuma Putra semasa hidup. (Foto: Ist)
News

Pasien COVID-19 yang Dirawat Alm dr Andhika Kesuma: Engkau Beri Semangat Padaku

Minggu, 02 Agustus 2020 17:15 WIB 02 Agustus 2020, 17:15 WIB

INDOZONE.ID - Kepergian dr Andhika Kesuma Putra, yang meninggal akibat COVID-19, menyisakan duka mendalam bagi banyak orang, tak terkecuali bagi pasien-pasien yang pernah dirawatnya semasa masih hidup.

Di antaranya adalah Muchrid Coki Nasution, mantan anggota DPRD Sumut, yang juga positif COVID-19 bersama istrinya. Di dinding Facebook-nya, pria yang biasa disapa Coki itu mengucapkan selamat jalan bagi dr Andhika dan mendoakannya.

Ia juga mengisahkan pengalamannya berinteraksi dengan dr Andhika semasa dirawat oleh almarhum.

"Pertama kali aku dan isteriku dinyatakan positif covid-19 tgl 6 juli 2020 dari hasil swab, aku langsung menghubungi dokter tapi dokter tak bisa mengangkat telpku karena engkau masih memakai APD dan kami komunikasi via WA engkau memberi aku arahan dan beberapa catatan obat yang untuk aku makan selama idolasi mandiri," kisah Coki.

Selama ini, dr Andhika dikenal sebagai dokter spesialis paru dan bertugas sebagai relawan di Rumah Sakit GL Tobing. Dia menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Columbia Asia Medan, Sabtu (1/8/2020).

"Tgl 7 juli 2020 aku kembali WA dokter dengan mengirimkan hasil MRI Torax ku, dan engkau memberi arahan dan semangat pada diriku. Tgl 17 juli 2020 kembali aku WA engkau dokter, krn aku dpt kabar klu kau kurang sehat dan kami saling memberikan semangat," sambung Coki.

"Tgl 27 juli 2020 aku kembali WA dokter utk menanyakan kabar dokter tak menjawab WA ku, Hari ini tgl 1 agustus 2020 aku dapat kabar engkau telah pergi meninggalkan kami utk menjumpai Sang Khalid, Engkau sungguh mulia dokter, engkau orang baik, Engkau menolong orang tanpa pamrih, Engkau Pendekar Sejati Covid-19, Niat Syahid mu telah kau buktikan, Saya yakin engkau Khusnul Khatimah, Aamiin," Coki menambahkan.

Ist
Status Muchrid Coki Nasution di Facebook. (Ist)

Mati Syahid

Teman sejawat dr Andhika, dr Jaka Pardipta Sp.P, melalui akun Twitter-nya (@jcowacko), membagikan pesan mengharukan dr Andhika sebelum meninggal.

Dr Andhika mengatakan bahwa dirinya siap mati syahid demi membantu menangani pasien COVID-19. Dia bahkan menjadi pendaftar pertama menjadi relawan di Rumah Sakit GL Tobing.

"Ternyata beliau sudah siap syahid dan berusaha menjadi yang pertama sebagai pejuang COVID. InshaAllah Syahid dok," cuit dr Jaka di akun Twitter-nya.

Di mata keluarga dan rekan-rekannya, dr Andhika dikenal sebagai dokter yang sangat baik, cerdas dan tidak pelit ilmu. Tak hanya rekan-rekannya saja, para pasien yang dirawat dr Andhika juga merasa sangat kehilangan sosok dr Andhika.

Orang Baik

Teman dr Andhika yang lain, Zaki Nasution, juga turut mendoakannya. Melalui media sosial Facebook, Zaki menyebut Andhika sebagai sosok yang baik hati.

"Sobatku Dokter Andhika, tunai sudah janjimu kepada Allah, kuyakin tak satupun rekan-rekan mu, keluargamu tegar melepasmu. Kau berdiri tegak dibarisan terdepan menolong pasien covid-19 sejak hari 1, hingga hari ini kau ikut menjadi korban keganasannya meski telah berjuang untuk sembuh selama belasan hari. Rekan sejawat dan barisan dokter senior berlomba membantu merawatmu, sangat serius mensupportmu tapi Allah punya cara terbaik menyayangimu," tulisnya.

"Brad Andhika Kesuma Putra terima kasih atas semua canda, nasihat terbaik terutama kesetia kawananmu. Jiwa korsa profesimu serta akhlak mu InsyaaAllah akan terus melekat dan jadi nasihat hidupku...Ya Allah, kumohon balaslah semua kebaikan Sahabatku ini dengan balasan sempurna, dan sayangilah dia Ya Allah. Tempatkanlah dia di tempat terbaik bersamamu. Kumpulkanlah kami lagi bersama di Jannahmu kelak.. Amiiin. I love u in the name of Allah andhika...(Foto Saya ambil,  Saat Dokter Andhika mengantar Putrinya Semata Wayang ke sekolah.. Aktifitas yang setiap hari dilakukannya dulu sebelum wabah covid-19)," sambungnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US