Perdana Menteri Kanada Banjir Pujian usai Umumkan Vaksin Gratis untuk Semua Warganya

- Minggu, 13 Desember 2020 | 15:36 WIB
Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau. (Instagram/@justinpjtrudeau)
Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau. (Instagram/@justinpjtrudeau)

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau memberikan kabar baik untuk warganya. Justin Trudeau mengumumkan bahwa setiap warganya akan mendapat vaksin COVID-19 secara gratis.

"Yang dapat saya jamin warga Kanada adalah komitmen kami kuat dan berfokus pada pemberian vaksin gratis untuk semua warga Kanada. Prioritasnya, tentu saja, warga Kanada yang rentan dan kelompok tertentu," ujar Trudeau,  dikutip dari CBC News, Minggu (13/12/2020).

Justin Trudeau bahkan menegaskan, tidak ada perusahaan atau pun organisasi yang bisa bernegosiasi kalau mereka memperlambat pengiriman vaksin gratis ke Kanada. Hal ini disampaikan oleh Justin setelah National Hockey League dikabarkan akan segera membeli vaksin jika sudah tersedia.

Namun, dikutip dari CBC News, Wakil presiden eksekutif komunikasi liga Gary Meagher membantah kabar tersebut. Ia menyebutkan bahwa laporan itu tidak akurat.

Baca juga: Gelombang Kedua Covid-19, Kanada Perpanjang Pembatasan Perjalanan Internasional

Jika ada rganisasi swasta yang berniat membeli vaksin untuk dirinya sendiri, untuk saat ini, organisasi tersebut tidak bisa melakukannya.

Juru bicara Pfizer - yang vaksinnya dibuat bersama dengan BioNTech telah disetujui oleh Health Canada - mengatakan bahwa satu-satunya klien perusahaan untuk vaksin COVID-19 di negara itu hanya Layanan Publik dan Pengadaan Kanada. Juru bicara Pfizer, Karley Ura juga mengaku bahwa pihaknya saat ini tidak berdiskusi dengan organisasi swasta mana pun.

"Kami tidak sedang berdiskusi dengan organisasi swasta mana pun," ucap juru bicara Karley Ura kepada CBC News.

Kabar penggratisan vaksin ini mendapat respon positif dari netizen di berbagai negara. Ada pula yang beranggapan bahwa vaksin tersebut sebenarnya tidak gratis, tapi masyarakat sudah membayarnya lewat pajak.

"Saya tidak berpikir ini secara teknis 'gratis', orang Kanada sudah membayarnya sebagai bagian dari pajak mereka. Tapi, hei, masih keren tidak perlu mengeluarkan uang dari kantong saat mereka menerimanya," kata seorang netizen dengan nama akun Twitter @BobbyBrimstone.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X